SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Jumat, 04 Mei 2012

MODIFIKASI AUDIO SSB SUPERSTAR 2000, 2200, 2400




Bagaimana Cara Memodifikasi Superstar 2000, 2200, 2400 dll, (berlaku sama juga  untuk semua type Radio CB lainnya cuma identitas komponen seperti yang ditunjukkan misal C91, R67 dst. tidak sama) agar supaya audionya serasa Kenwood TS430S ? :-D

Langsung saja yah...begini caranya :
Pertama, buka cover atas dan bawah dari Radio SS 2200 ini.
Kedua, cari lokasi IC Balance Modulator AN612 (IC4)
Perhatikan Pin No.1 dari IC AN612 ini, ada capasitor tantalum/elco (C91), 0,22uF/50V atau terkadang 0,47uF/50V, yang salah satu kaki dari capasitor ini (+)  nyambung ke Pin No.1 dari IC AN612. Kemudian kaki capasitor lainnya (-) tersambung ke Resistor 1K (R67) dan kaki R67 yang lain tersambung ke kaki tengah dari Resistor Variable (RV6) 500 Ohm, kaki RV6 yang lain nyambung ke ground, dan kaki RV6 yang lain lagi nyambung ke R152, 2K7 melalui layer PCB atas.
Selanjutnya kaki dari R152 yang lain nyambung ke out put IC Audio Pin No.1 (IC6) melalui sebuah capasitor dulu C162, 470uF/16V.

Dengan memperhatikan jalur2 PCB tersebut kita sekarang sudah mengerti dari mana asalnya/sumber audio untuk sistim modulasi pada mode SSB.

Perhatikan pada gambar layout komponen Superstar 2200 ini, untuk lokasi IC Balance Modulator AN612 yaitu IC4 kemudian RV6 dan IC Audio yaitu IC6.




Skematik Super Star 2000, 2200, 2400, Hy Gain V
dan Radio CB lainnya yang mempunyai kode pada PCBnya
PTBM 131 A4X

Untuk mendapatkan hasil gambar skematik yang tidak pecah

sewaktu dibesarkan klik pada DOWNLOAD di bawah ini

DOWNLOAD SKEMATIK SUPER STAR 2000,2200,2400


Sekarang mulai kita modifikasi bagaimana agar supaya audio dari Superstar 2200 ini serasa audionya Kenwood TS430S he...he :-D

Objectives :
Dengan mempelajari dan mengetahui seputar modifikasi ini, kita diharapkan bisa melakukan modifikasi radio cb kita sendiri, tidak dimodifikasikan lagi oleh orang lain. setuju ?

Supaya hasil audio pada mode SSB bagus keluarannya atau didengar lawan bicara kita bagus, tidak cempreng seperti kebanyakan audio aslinya, atau seperti kumur2 kedengarannya.
Caranya jangan pakai lagi sumber audio untuk modulasi dari aslinya yang ada di dalam radio ini yaitu dari IC audio atau IC6.
Fungsi dari IC6 ini tetap terpakai untuk audio penerimaan dan untuk modulator pada mode AM saja.

Sedangkan untuk memodulasi SSB atau USB/LSB, kita ambil sumber audio/modulator dari luar saja. Satu tingkat Pre Amp Mic saja sudah cukup. Atau kalau mau lebih bagus lagi Pre Amp Mic nya dilengkapi dengan Tone Control.

Untuk Pre Amp Mic yang bagus yang biasa saya rakit dan cocok untuk berbagai jenis radio, cocok juga untuk dipakai pada output tx yang besar dengan tanpa kemasukan RF.
Soalnya menurut pengalaman dalam merakit berbagai Pre Amp Mic sebelum menemukan rangkain Pre Amp Mic yang ini, biasanya semua jenis rangkaian Pre Amp Mic itu bisa dipakai pada radio, artinya tidak kemasukan RF dari tx nya pada output power tx rendah, misal 5 - 10 watts tapi setelah dipakai di radio yang lebih tinggi output tx nya hasilnya jadi nggak karuan.

Sekarang kita kembali lagi pada pembahasan sekitar modifikasi audio untuk SSB pada Superstar 2200, jadi hampir lupa nih...

Oh...ya...cari letak Resistor R67 (1K), kalau sudah ketemu lepas bagian kakinya dengan disolder sebelah saja yang nyambung ke capasitor/elco C91 (0,22uF/16V).
Sekarang bekas kaki R67 pada bagian jalur PCB yang nyambung ke capasitor C91, solderkan sedikit kabel pada titik tersebut dan jumper langsung ke Pin Mic No.1.



Kabel warna putih adalah kabel jumper dari kapasitor input IC Ballance Modulator C91 ke  TP 16
pada Radio CB Superstar 2000, 2200, 2400 

Tips : supaya tidak kelihatan langsung jumperan tadi, jangan disolderkan langsung di Pin Mic No1 tapi solderkan saja di TP16, hasilnya sama saja TP16 ini menuju ke Pin Mic No.1 juga, cuma lebih manis saja kelihatannya dan jarak kabel jumperannya lebih pendek, apalagi lewat sebelah atas PCB, sambil diumpet-umpetin pakai kabel telanjang satu lembar, biar orang lain jadi bingung gimana cara memodifikasinya dan susah ditiru padahal cukup mudah kan...he..he;-)

Nah...Modifikasi untuk audio SSB pada radio sudah selesai. sekarang buat cukup satu tingkat saja Pre Amp Mic diluar. Usahakan dengan PCB yang kecil dan dapat dimasukkan ke dalam kotak PTT dengan Mic condenser lebih bagus dan dipasang Variabel Resistor untuk mengatur volume audio nantinya.

Saya sangat merekomendasikan skema Pre Amp Mic di bawah ini, karena sudah terbukti sangat bagus sekali.




Skematik Pre Amp Mic





Untuk pengambilan tegangan +13.8v untuk Pre Amp Mic ini diambil dari dalam radio cb melalui resistor 2k2, kenapa harus melalui resistor 2k2 dulu ? Jawabannya : Supaya tegangan + yang melalui kabel spiral mic radio tidak  langsung sebesar 13.8v. Ini untuk menjaga hal2 yang tidak kita inginkan, seperti konsleting antar kabel di dalam kabel spiral mic itu sendiri maupun di dalam kotak mic nya. Jadi kalau tegangannya agak rendah atau sudah diturunkan dulu dengan resistor 2k2 yang dipasang dalam radio, seandainya terjadi konsleting yang mungkin saja terjadi karena kabel di dalam kabel spiral mic lecet  karena sering ketarik dan keplintir waktu pemakaian, tidak membikin fatal paling2 resistor 2k2 nya yang putus karena hangus, jadi tidak sampai kabel spiral mic nya ikut terbakar atau sikring pada power supply utama radio putus. Selain itu juga fungsi resistor 2k2 ini untuk mengurangi tegangan/menurunkan dari 13.8v menjadi sekitar 8/9v.O'ya rekan2 cb'er, mungkin sudah mengetahuinya yah ?

Pasang resistor 2k2 ini pada pin no.3 di socket mic radio cb Superstar 2000, 2200, 2400, dan kaki resistor yang lain sambung ke +13,8v, ambil dari saklar on/off yang bersatu dengan potensiometer volume radio, supaya jaraknya dekat.  Pastikan solderkan di kaki saklar yang nyambung dengan tegangan +13.8v pada saat radio di on kan, dan pada saat radio off maka tegangan yang diambil untuk pre amp mic juga ikut mati.

Pasang relay kecil tambahan 1 induk yang berfungsi untuk memutus/menyambungkan audio out dari pre amp mic yang kita buat tadi, dengan cara menyambungkan pin no.1 pada soket mic disambung ke pin  relay NO : Normally Open, kemudian pin induk/common nya disambung ke in mic radio cb. Kenapa audio out dari pre amp mic ini harus diputus/disambungkan dengan relay ? Jawabannya : supaya tidak terdengar bunyi feedback/storing pada waktu receive.
Untuk tegangan relay tambahan 1 induk ini dengan cara mempararellkan nya dengan relay yang sudah ada bawaan nya pabrik radio cb.

Nah...selesai sudah tentang seputar modifikasi audio Radio CB Superstar 2000, 2200, 2400 ini dengan harapan sekarang audio/modulasinya berubah seperti Kenwood TS430S.
Jadi Superstar 2200 rasa Kenwood TS430S he..he..he :-D

Untuk modifikasi radio cb lain selain type Superstar 2000, 2200, 2400 pada prinsipnya sama saja bisa dilakukan.

Disclaimer :
Admin Radio Tengkorak tidak bertanggung jawab atas segala hal kerusakan yang timbul karena diakibatkan oleh perbuatan modifikasi anda. Informasi ini hanya sebatas ilmu pengetahuan saja bagaimana cara merusak radio cb anda, eh...salah :-D maksudnya bagaimana cara memodifikasi audio radio cb anda.
Kalau tidak berani menanggung resiko jangan coba2 melakukan modifikasi, karena radio anda akan jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya he..he..he

Selamat mencoba dan sukses

22 komentar:

  1. salam sejahtera...
    Om Andi, Apakah sama schematic diatas utk HyGain V, saya punya Hygain V dgn no pcb: ptbm131A4x, trimakasih om...

    BalasHapus
  2. Salam sejahtera kembali Om Indra dan terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

    Pada dasarnya sama dan berlaku untuk semua jenis radio cb. Cuma saya sebutkan pada keterangan diatas C...atau R...hanya untuk contoh saja.

    Jadi kalau pada Hygain V lihat saja kaki no. 1 IC Ballance Modulator AN612.

    Kemudian ada kapasitor/elco 0.22uf atau 0.47uF yg kaki positif biasanya nyambung dg kaki no. 1 tsb dan kaki negatif elconya nyambung ke Resistor 1K.

    Nah... resistor 1K ini di cabut saja atau dilepas sebelah kakinya yg nyambung ke kaki elco negatifnya tadi kemudian di jumper dengan sepotong kabel dari kaki elco negatif tadi langsung ke kaki mic no. 1.

    Kemudian buat preamp mic diluar dalam kotak mic atau dalam radio juga nggak apa2.

    Jadi sekarang kita menyuntikkan audio dari luar langsung ke bagian ballance modulatornya.

    Ini berlaku untuk semua jenis radio cb lainnya.

    Setelah kita melakukan modifikasi ini diharapkan audionya juga bisa mengandung unsur dung...dung...hehehe :-)

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  3. Maaf Om Indra yang anda tanyakan itu skematik diatas yah...?

    Jadi untuk skematik Hy Gain V sama dengan diatas om

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tks Om Andi....

      Hapus
    2. Sama2 terimakasih Om Indra, atas kunjungan anad dan komentarnya di blog RT

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  4. Maaf,.Kang,.siapa tau punya simpanan SS 2000 atau yg sejenis,.yg gak di pake,.. mohon kasih tau saya,,,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mbah Ragil,

      Baik nanti kalau sudah ada, pasti saya akan kabari lagi.

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  5. Salut ... 2 Jempol, oh ya kalau saja ada rekaman before dan after modifikasi pasti muantap hehehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Cholis,
      Terimakasih banyak atas kunjungannya di blog RT
      dan terimakasih juga atas komentar dan sarannya. Mudah2an kedepannya saya bisa memenuhi saran dari Om Cholis.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  6. Ketemu lagi Kang Andi,... saya yg kemarin juga kirim pesan via Inbox FB anda,.. Kang Andi, radio yg saya beli dari org Jogja itu,. utk pre amp nya menguunakan transistor dgn tipe C1815,.. tapi yg saya liat disini,. tipe nya D661,.. kira2 bagusana yang man Kang,...?? Hatur nuhun,.. utk infonya,.. sukses selalu dgn proyek2 utk 27 MHZ,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbah Ragil,

      Kalu tidak ada D661 karena sukar didapat pakai C1815 atau C1000 nggak apa.
      Tapi kalau mbah Ragil fanatik dengan D661 silahkan diganti saja.
      Untuk D661 termasuk jenis transistor yang low noise tapi terkadang juga kita perlu sedikit suara angin pada background vocal kita waktu jeda, jadi kalau pakai D661 karena low noise anginnya hampir tdk ada jadi kan cocok pakai C1815 kalau mau ada seperti suara angin/noise/sedikit pada background vocal waktu jeda.

      Jadi pilih yg mana? silahkan...monggo...sesuai selera masing2.

      Kalu masalah kwalitas audio sih sama saja antara pakai C1815 dan D661 tidak significant perbedaannya.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  7. D661 lah spt di SM-8....


    Tabrakkkkk.....

    BalasHapus
  8. Salam om.....
    Aku py ss2400 dlm hdup, tp g bsa dgr n klo transmit dan di tiup jarum g jln. Stlh dilht, vco nya pecah. Mohon solusi. Matur nuwun

    BalasHapus
  9. Salam om.....
    Aku py ss2400 dlm hdup, tp g bsa dgr n klo transmit dan di tiup jarum g jln. Stlh dilht, vco nya pecah. Mohon solusi. Matur nuwun

    BalasHapus
  10. om kalau pream micnya bisa buat icom m700 pro tidak/

    BalasHapus
  11. Om skema radio nya kok ngag bisa di download ya.....
    Thks om...

    BalasHapus
  12. aku mau bawa ss2000 ku ,kebali aja ahh minta alamatnya dong om

    BalasHapus
  13. selamat siang om mohonn info...cb ss 2200 vs 2400 ya om...mana yg bandel om? thanks

    BalasHapus
  14. Apa kabar om Andy...salam sehat selalu...

    Om mau tanya ss2400 sy...kalau gak srobit pada USB nya... yg di stell apa nya ya...

    Dan kendala suara nya jadi gak linier om...
    Mohon petunjuk nya om...🙏

    BalasHapus
  15. Ada no HP yg bisa dihubungi, saya mau memperbaiki radio superstar 2400

    BalasHapus

Propagasi hari ini