SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Sabtu, 26 Mei 2012

BOOSTER 27 MHz 60 WATTS DENGAN IRF540










Skematik Booster 27MHz 60 Watts dengan IRF 540

Rekan2 CB'er, boleh jadi anda tidak akan percaya dengan kinerja dari rangkaian booster sederhana ini yang cuma menggunakan satu buah transistor mosfet type IRF540 yang mudah didapat di pasaran elektronik dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan transistor RF power lainnya yang terkenal seperti C2290 atau MRF454 yang kurang lebih sama output powernya yaitu sekitar 60 watts apabila digunakan satu transistor untuk Booster/RF Linear Amp.

Harga dipasaran elektronik untuk IRF540 ini sekitar 6k rupiah sampai 7k rupiah. Itu harga beberapa bulan yang lalu waktu saya beli di toko elektronik di Denpasar.

Saya sudah membuktikannya untuk rangkaian booster sederhana ini dengan hasil yang mecengangkan cuma dengan satu buah IRF540 saja, saya bisa dapat output power 40 - 60 watts dengan input 12 - 15 watts dari radio CB Superstar 2200 saya.

Untuk input booster ini saya tidak memakai attenuator/pengurangan apapun, jadi asli seperti skematik diatas.
Saya cuma buat rangkaian tambahan yang berfungsi sebagai RF switcher dan relay yang 4 induk yang dipakai cuma 2 induk.

Fungsi dari RF switcher ini untuk memindahkan secara otomatis saja dari posisi RX/receive ke posisi TX/transmit. Jadi gantian pada waktu RX antenna langsung nyambung ke radio CB dan pada waktu TX antenna nyambung ke output booster dan input booster nyambung ke output radio CB.

Waktu testing booster ini saya tidak mempergunakan rangkain Low Pass Filter sama sekali di output boosternya, jadi apa adanya seperti pada skematiknya. SWR yang didapat masih bisa 1: 1.2 dengan cara menyetel/ngetrim variable capasitor 300pF pada input dan output booster ini. Trim kedua variable capasitor ini sampai didapatkan output power sebesar mungkin bersamaan dengan hasil swr yang rendah.

Perlu diingat untuk tegangan bias pada kaki Gate IRF540 ini jangan melebihi dari 1 volts dulu. Untuk tahap pertama aturlah variable resistor 10k untuk tegangan bias ini sekitar 0.8 volts dulu dan apabila dirasa cukup/masih aman tidak panas yg berlebihan pada body IRF540 nya, boleh ditingkatkan lagi sampai 1 volts, masih dirasa aman. Saya pernah mencoba sampai 1,5 volts, pada output powernya ada peningkatan lagi sampai 70 watts tapi bodi IRF540 ini terlalu panas walaupun sudah saya usahakan dengan memakai pendingin yang tebal dan bersirip juga ditambah kipas pendingin.
Jadi batas yang paling aman maksimal kerjakan untuk tegangan biasnya sampai 1 volt saja.

Dan pada experimen lain saya coba tingkatkan main power supply nya dari sebelumnya 13.8 volts menjadi 24 volts. Hasilnya cukup mencengangkan lagi, sekarang output power dari booster ini bisa mencapai 100 watts, dengan swr tetap masih 1 : 1.2. Tapi saya merasa kurang aman untuk pemberian tegangan sampai 24 volts, karena panas yang timbul terlalu berlebihan, dan saya pernah mengalami transistor mosfet IRF540 nya jebol, hangus terbakar pada bagian tengah bodynya sampai berlubang dan mengeluarkan asap setelah saya pakai qso sekitar 3 menit, dengan terus menekan ptt.
Saya jadi penasaran kemudian saya ganti IRF540 yang jebol tadi dan sekarang saya turunkan tegangannya menjadi 15 volts saja. hasilnya cukup aman dan masih bertahan sampai sekarang ini walaupun sering dipakai untuk berkomunikasi dengan mode USB di channel 30, dan terkadang juga sesekali dipakai untuk dx.

Rangkaian booster ini saya kira masih perlu dikembangkan lagi, perlu ditambahi seperti low pass filter dll,
atau mungkin perlu diparallel IRF540 nya.
Silahkan bagi rekan2 CB'er yang berminat untuk mencoba booster ini, mungkin ada ide lain untuk menyempurnakan booster sederhana dan sangat murah biaya pembuatannya.

Perbandingan : Harga transistor mosfet IRF540 @Rp 7000,_ dengan skematik diatas bisa mengeluarkan output power sampai 60 watts dengan main power supply 13.8 volts, bias gate 1 volt dan harga transistor rf linear amp yang terkenal seperti C2290 atau MRF454 @Rp 300.000,_ kalau dipakai satu biji untuk booster, output powernya juga sama sekitar 60 watts, dengan main power supply sama 13,8 volts.

Jadi untuk jaman sekarang menggunakan jenis transistor mosfet seperti IRF540, IRF520, IRF510 dll, adalah sebuah alternatif sebagai pengganti transistor jenis penguat daya rf seperti C2290, MRF454 dll, selain cukup mahal juga barangnya agak sukar juga didapat.

Selamat mencoba and Good luck

20 komentar:

  1. Ayoo di produksi massal....Paket hemat pasti banyak yg berminat

    BalasHapus
  2. Setujuuu................ Ayoo di produksi massal....Paket hemat pasti banyak yg bermina

    BalasHapus
  3. Hallo Om Agus dan Om Edis, Setujuuu.....tapi untuk di produksi banyak, saya agak kesulitan untuk mendapatkan capasitor timer 300pF C1 dan C2 seperti pada gambar tsb. Tapi kalau hanya untuk keperluan sendiri dulu sih ada dapat canibalan dari radio2 tua hehehe...
    Selamat mencoba dan Salam terbaik

    Andi

    BalasHapus
  4. Mantap mas Andi, saya baru saja beli IRF540 di Pekanbaru hanya 5000 rupiah. Kira-kira gimana ya buat low pass nya heheh... apa bisa kalau di contoh pakai RFX-75 dari powerband? mengingat power outputnya sama..

    Salam

    Itji 91SD251

    BalasHapus
  5. Hallo Om Itji, Untuk LPF bisa saja di contoh dari RFX-75 atau dari rangkaian LPF lainnya.
    Selamat mencoba and Good luck

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  6. mantap om.. kl diaplikasikan bwt band 2 meteran pernah coba?? kl udah, hasilnya seperti apa om?? matur nuwun

    BalasHapus
  7. Hallo Om.....(Anonim),

    Terimakasih dulu nih...atas kunjungan dan komentarnya do blog RT.

    Kalau jenis transistor n mosfet seperti type IRF540, 530, 520, 510 tdk bisa diaplikasikan di band 2 meteran karena frekwensi kerja dari transistor jenis ini nggak nyampai. Jadi hanya bisa dipakai disekitar band hf saja.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  8. gambarnya kurang jelas om,
    transistor nilainya berapa?

    BalasHapus
  9. Hallo Om...(Anonim),

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT om...

    Untuk tipe tr mosfetnya irf540 pada skematik tsb tapi bisa juga pakai irf520,530

    Kalau kurang jelas utk skematik diatas silahkan dilihat di menu tab Koleksi Skematik RT, disitu ada skema yg sama yang dilengkapi lpf

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  10. KALAU UNTUK FREK FM, 88Mhz KE BAWAH BISA TIDAK OM ANDI??
    SALAM KENAL DARI ANAK WONOGIRI

    BalasHapus
  11. Hallo Mas Herlan,

    Terimakasih dulu nih..atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

    Mohon maaf mas, kalau untuk frek FM dari 88 kebawah atau ke atas sampai 108MHz, saya belum pernah mencobanya mas.

    Tapi pernah saya lihat di salah satu website bisa dikerjakan di 50MHz atau 6 meter.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  12. Trimmer C1, C2 itu untuk mengatur apa mas? kalau misalkan diganti dengan kapasitor kramik biasa apakah bisa?


    Trimakasih sblumnya.

    BalasHapus
  13. Hallo mas Udin,

    Fungsi C1 untuk tuning input, supaya rangkaian LC pada input ini beresonansi pada 27MHz sesuai frekwensi out dari radio cb.

    Dan C2 untuk tuning output nya supaya power out nya maksimal.

    Jadi booster ini besar kecilnya power out ditentukan juga oleh ketepatan dalam mentuning C1 dan C2 nya

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  14. Mas, bisa gak rangkaian ini dipakai untuk booster remote control mobil mainan. Kebetulan frekuensinya sama 27 MHz. Atau ada yg perlu di tambah/ dikurangi? Terimakasih.

    BalasHapus
  15. Pak, saya lagi mau beli booster 100 watt 27Mhz, kira kira diforum ini ada gak yang mau jual ya? -Anton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo om Anton,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Mudah2an ada yang mau jual rekan2 lainnya pengunjunng blog RT ini om.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  16. Maf om bertanya jika input nya cuma 4watt bisa tidak atau ada Rangkaian boster yang lain yang input nya sekitar 4-6watt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Nenda,

      Input 4-6 watt bisa om, seperti input booster radio cb buatan pabrik juga inputnya 5 watt atau 10 watt

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  17. Sama saya byk pak mrf454 beserta driver nya masih nempel di 30biji inconav dan khacina sy serta transworld hasil dr lelangan kantor hehe
    Juga boster hf nya merk jumbo dx240 ssb

    BalasHapus
  18. Hallo Om Doni,

    Mantapp...kalau gitu om..kapan2 kalau saya atau rekan2 lain perlu bisa kontak om ya..

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini