SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Senin, 25 Juni 2012

BAGAIMANA DENGAN MOBIL MENGEMUDI OTOMATIS

Hingga sekarang, ide bahwa smart car telah dihubungkan dengan mobil elektrik yang kecil dan ramah lingkungan telah sangat popular. Tetapi, tahukah Anda bahwa tipe smart car yang baru sedang dalam proses perkembangan? Terimakasih kepada perkembangan teknologi, kita akan dapat menikmati perjalanan dengan santai sementara robot akan menjalankan semua fungsi berkendara. Modus otomatis ini tidak hanya berfungsi untuk jalanan lurus yang sepi, tetapi juga kendaraan tanpa supir yang dapat melalui perempatan ramai – tanpa harus berhenti pada lampu lalu lintas.

Ide mobil tanpa supir mungkin masih sulit untuk dapat dibayangkan. Pertama-tama, mobil otomatis di jalanan bisa saja sangat menakutkan. Kemudian,  banyak pengendara yang menikmati pengalaman menyetir dan mengapa mereka mau memberikan pengalaman itu kepada robot? Tetapi sebenarnya, menurut Peter Stone, ilmuwan computer di Universitas Texas di Austin, hal ini akan menghemat waktu dan energy. Seperti contohnya, terkadang kita menemukan waktu dimana harus menunggu selama 45 detik di lampu merah sedangkan tidak ada mobil yang lewat. Tetapi, di dunia dimana semua system lalu lintas terkomputerisasi, dan seluruh mobil dikendarai oleh robot, hal ini tidak akan terjadi.

Mobil tanpa supir akan dilengkapi dengan system computer dan sensor yang dapat mendeteksi mobil lain didekatnya dan menjauh dari mobil tersebut untuk menghindari tabrakan. Lalu lintas akan berjalan dengan lancar tanpa adanya kecelakaan.

“Hal ini juga berarti manager perempatan,” menurut Stone, “agen yang bekerja untuk mengatur lalu lintas terutama di perempatan jalan.” Stone dan rekan kerjanya berpendapat bahwa lalu lintas akan lebih aman dan pergerakan semua pengguna jalan akan lebih efisien. Hal ini juga berarti bertambahkan keuntungan untuk orang dengan status disabled dan orang tua yang tidak dapat mengemudi ataupun orang tua yang terlalu sibuk bekerja. Mereka semua dapat bepergian karena robot akan mengemudi untuk mereka, tidak perlu lagi mencari tenaga tambahan untuk menyetir.

Walaupun ide ini masih jauh dari kenyataan, tetapi sebenarnya teknologi ini telah dikembangkan, menurut Stone. Hal ini juga janji dari perusahaan Google yang telah mengembangkan proyek mobil otomatis. Mobil ciptaaan Google dapat mencapai kecepatan 70 mph di jalanan yang sibuk, tanpa bantuan manusia. Menurut Google, mobil sebenarnya dapat mencapai kecepatan maksimum 75 mph, dapat mendeteksi pejalan kaki, pengguna sepeda, mengerti lampu lalu llintas dan menyesuaikan diri dengan kecepatan jalan tol.

Ilmuwan computer sangat yakin bahwa suatu hari di masa depan akan ada kendaraan yang dikemudikan oleh robot. “Pertanyaannya terletak apakah hal ini akan efisien secara biaya? Kapankah industry legal akan mulai merespon dan bagaimana juga dengan industry asuransi?” pertanyaan yang dilemparkan oleh Stone. Mobil otomatis akan juga berdampak pada seluruh industry mobil dan industry terkait ; manufaktur yang besar – bayangkan saja mobil Mercedes baru yang dapat mengemudi secara otomatis, juga produsen komponen seperti NXP atau TE Connectivity, perusahaan rental mobil, industry marketing, dan sebagainya. Mungkin pertanyaan yang paling besar adalah apakah orang akan menjadi terbiasa dengan ide mobil otomatis?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini