SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Senin, 09 Juli 2012

MODIFIKASI TOTAL RADIO CB 27Mc MENJADI 11Mc



Skematik Down Converter di atas berfungsi untuk menurunkan frekwensi VCO Radio CB yang berkisar 37Mc menjadi sekitar 21Mc, Untuk radio CB yang menggunakan frekwensi IF/X'tal Filter 10.695Mc seperti pada kebanyakan Radio CB pada umumnya.

Silahkan pilih salah satu dari ketiga skematik Down Converter diatas.

Rangkaian ini harus dipasang langsung di dalam Radio CB pada bagian VCO out atau dengan cara memotong sedikit jalur pcb yang nyambung dengan kapasitor kopling dari out VCO yang menuju ke bagian RX Mixer dan TX Mixer.

Jadi bagian IN Converter ini disambung  ke jalur pcb yang sudah terpotong tadi yang menuju ke bagian out VCO dan bagian OUT converter disambung ke bagian pcb potongannya tadi yang menuju ke percabangan antara titik sambung masing2 kapasitor yang menuju ke RX Mixer dan ke TX Mixer dalam Radio CB.

Untuk pemberian tegangan +8V pada rangkaian converter ini bisa diambilkan dari regulator yang sudah ada dalam Radio CB pada bagian kaki emitor tarnsistor Q36, biasanya pada SS2000, 2200, 2400 type transistornya adalah D325 atau D837.

CONTOH PEMASANGAN CONVERTER PADA BEBERAPA RADIO CB sbb :

SUPERSTAR 2000, 2200, 2400 dan lainnya yang mempunyai type No. PCB yang sama.
Cari IC2 (VCO Mixer TA7310P), kemudian dekat dengan IC2 ini ada T1dan T2.
Pada bagian sekunder trafo T2 mempunyai dua kaki, satu kaki konek ke ground pcb dan kaki yang lain menuju ke titik sambung dua buah kapasitor yang masing2 menuju ke RX Mixer dan ke TX Mixer, atau C36 15pF menuju ke RX Mixer dan C35 39pF menuju ke TX Mixer.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.


Potong jalur pcb untuk kaki T2 tadi yang menuju ke titik sambung dua buah kapasitor tadi dengan cutter sedikit saja biar jalurnya jadi terpisah. Untuk pemotongan jalur pcb ini pastikan dekat dengan kaki T2 supaya yakin jalur yang dipotong tadi adalah jalur pcb sebelum titik sambung percabangan dua buah kapasitor.

Setelah pemasangan converter selesai, selanjutnya kita juga harus merubah/membuat lilitan baru supaya bisa bekerja pada 11Mc.

Gambar di bawah ini adalah gambar bagian dalam radio CB SUPERSTAR 2000.
Silahkan perhatikan tanda panah merah tersebut yang ada kaitannya dengan modifikasi ini.

Lilitan atau coil dan trafo mana saja yang perlu di rubah untuk bisa bekerja di 11Mc, akan saya jelaskan selanjutnya di bawah ini.


Keterangan tanda panah merah pada gambar komponen Radio CB SUPERSTAR 2000 diatas yang ada hubungannya dengan modifikasi ini sbb :

IC2 : TA7310P atau C1000 adalah IC VCO Mixer
X'TAL FILTER : 10.695MHz
Q36 : Transistor Regulator - ambil tegangan +8V untuk Converter pada kaki Emitor nya
T1, T2 : Trafo VCO Band Pass Filter
T3, T4 : Trafo TX Band Pass Filter - perlu dirubah ke 11Mc
T5 : Trafo kopling dari RF Pre Amp ke RF Driver TX - perlu dirubah ke 11Mc
L15 : Lilitan RFC Collector Transistor C1969 Final TX - perlu dirubah
L16, L17, L18 : Lilitan Low Pass Filter - perlu dirubah ke 11Mc
T8 : Trafo RX Amplifier - perlu dirubah ke 11Mc
T9 : Trafo Noise Blanker - perlu dirubah ke 11mc
T10 : Trafo RX Mixer - perlu dirubah ke 11Mc





Gambar diatas adalah cara  membuat lilitan untuk 11Mc dan untuk lilitan LPF tidak saya sertakan disini. Silahkan rekan2 berkreasi untuk mencoba-coba sendiri sampai hasil akhir output tx nya harus sekitar 10 - 12 Watts dengan transistor final C1969 aslinya radio CB.

Disini saya sedikit berikan gambaran mengenai jumlah lilitan LPF nya, serta ukuran diameter kokernya yaitu :
L16, L17, L18 : 6 lilit, dia kawat 0.8mm, dia koker sama seperti sebelumnya bawaan dari radio CB.

Untuk kapasitor2 pada bagian LPF ini sebenarnya tidak mudah untuk disebutkan ukuran tepatnya. karena menurut pengalaman saya, selalu ada perbedaan sedikit nilai kapasitor tersebut pada beberapa modifikasi.

Jadi sebenarnya untuk mencari kecocokan antara L dan C pada rangkaian LPF ini, saya tempuh dengan melaui trial and error sampai didapatkan output tx nya mendekati atau sama seperti radio CB sebelumnya yaitu sekitar 12 watts.

Namun untuk sekedar referensi rekan2 yang berminat untuk mencoba modifikasi ini akan saya gambarkan perubahan LPF dari radio CB ke 11Mc seperti dibawah ini :




CARA PEMASANGAN CONVERTER PADA RADIO CB LAINNYA

ARIES SUPER 120
Cari saja langsung kapasitor C3 dan C56, kemudian potong jalur pcb yang menghubungkan antara kaki trafo/coil sekunder bagian VCO out dengan kedua kapasitor C3 dan C56. Sambungkan converter buatan kita pada potongan jalur pcb tadi pada titik sambungan dua buah kapasitor C3 dan C56.
Atau bisa dengan cara melepas trafo/coil VCO ( T1 ) supaya kita tidak perlu melakukan pemotongan jalur pcb tadi.

COLT 485, 320, LAFAYETTE 800 dan lainnya yang mempunyai type No. PCB yang sama
Lebih mudah lagi pada Radio CB seperti Colt 485, Colt 320 atau Lafayette 800 karena kaki T2 (Out VCO) , yang menuju ke titik sambung dua buah kapasitor tadi mempergunakan kawat jumper yang melintang dibagian atas pcbnya, jadi kita tinggal melepas kawat jumper tersebut dan menggantikannya dengan IN dan OUT converter buatan kita tadi.

Adapun lokasi kawat jumper tadi akan mudah ditemukan karena sejajar dengan lempengan logam penyekat antara bagian PLL, VCO dan X'tal Filter, itu loh...yang ada kawat jumper nyebrang di kolong lempengan logam penyekat tadi.

Untuk modifikasi Radio CB dengan cara converter dipasang langsung di dalam ini, memang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Selain kita harus menurunkan frekwensi VCO nya, kita juga harus merubah lilitan RX Amp, Band Pass Filter, lilitan trafo kopling pada bagian Pre Driver dan Driver TX juga bagian Low Pass Filter dalam Radio CB tersebut.

Dengan cara modifikasi demikian konsekwensinya Radio CB tersebut jadi tidak berfungsi lagi di 27Mc karena sudah dirubah total menjadi transceiver yang bekerja pada 11Mc.

Jadi silahkan dipertimbangkan dengan baik2 untuk cara modifikasi seperti ini. Karena pada saat ini jenis Radio CB agak sukar didapat kalaupun ada banyak yang baru tapi kan...kita harus merogoh kocek agak dalam2 hehehe :-)

Selesai sudah sedikit gambaran bagaimana cara memodifikasi total Radio CB ke 11Mc.
Dengan mempelajari tentang cara modifikasi ini diharapkan kita bisa juga memodifikasi Radio CB untuk frekwensi lainnya selain 11Mc, karena pada prinsipnya sama saja, hanya saja kita harus mengganti X'tal pada converternya beserta lilitan2 nya pada RX Amp, RX Mixer, BPF, LPF dan lainnya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Misal modifikasi untuk Band 80 Meters, 40 Meters dll, bisa kita lakukan dengan rumus sbb :
Frekwensi IF atau X'tal Filter pada Radio CB ini adalah 10.695MHz.
Frekwensi VCO out sekitar 37Mhz (tergantung juga dimana posisi switch channel dan band CB yang dipakai).

Maka untuk mencari frekwensi kerja yang kita inginkan sbb :
Misal kita ingin memodif ke 80 Meters atau sekitar frekwensi 3.7Mhz, maka rumusnya adalah :
Frek kerja + Frek IF = Frek VCO yang diperlukan.
Jadi 3.7Mhz + 10.695MHz = 14.395Mhz, jadi kita memerlukan VCO outnya sekitar 14.395Mhz

Sedangakan VCO Radio CB itu outnya sekitar 37Mhz, maka kita harus menurunkannya dengan rangkaian converter yang kita buat supaya menjadi 14.395Mhz.

Untuk mencari nilai X'tal yang diperlukan untuk di pasang di rangkain converter adalah sbb :
Sekarang pakai rumus: Frek VCO CB - Frek VCO baru atau 37Mhz - 14.395Mhz = 22.605Mhz, maka X'tal yang diperlukan untuk converternya adalah 22.605Mhz, berarti frekwensi VCO asli Radio CB yang sekitar 37MHz akan dikurangi olek frekwensinya X'tal pada converter sebesar 22.605MHz sehingga menjadi 14.395MHz supaya bisa bekerja di 80 Meters, dengan IF/X'tal frekwensi 10.695MHz.

Penjelasannya secara singkat/tidak detail adalah :
Pada waktu kita receive, sinyal radio dengan frekwensi 3,7Mhz melalui antenna, kemudian sinyal ini akan bercampur di RX Mixer dengan frekwensi dari VCO sebesar 14.395Mhz, sehingga mempunyai selisih frekwensi sebesar 10.695 MHz, dimana frekwensi ini merupakan frekwensi IF nya radio CB.

Pada waktu transmit, frekwensi VCO sebesar 14.395 akan bercampur di TX Mixer dengan frekwensi dari IF sebesar 10.695MHz, sehingga akan mempunyai selisih frekwensi 3.7Mhz, dimana frekwensi ini merupakan frekwensi kerja yang kita inginkan yaitu di 3.7MHz.

Selamat mencoba and Good luck,

5 komentar:

  1. Bagus Om, tapi ada ya lebih simple.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om, memang agak sedikit ribet kalau kita modif total, karena harus ada beberapa bagian yg dirubah.
      Tapi saya sarankan lebih baik pakai Down Converter yang terpisah diluar radio saja, jadi pemasangannya sama seperti pemasangan booster. Jadi radio cb nya tetap masih bisa berfungsi.

      Hapus
  2. Salam kenal...saya hajar dari makassar..bisa bantu om rubah cb midland 7001 untuk trx di 7 mc..

    BalasHapus
  3. Ada cara yg lbh simple,tanpa converter.Radio CB manajemen frekuensinya mirip2,sbb:
    Filter SSB = 10.7 MHz
    Frekuensi Xtal referensi = 20sekian MHz
    Frekuensi output VCO = 17sekian MHz
    Mixing selisih 20 - 17 masuk ke PLL
    Mixing jumlah 20 + 17 = 37sekian MHz
    Frekuensi kerja adalah 37sekian - 10.7 = 26sekian s/d 27sekian MHz. Originalnya spt kira2 spt itu.
    NAH, modifikasinya sbb :
    1. Sinyal VCO dipakai sbg LO.Frekuensi kerja dibuat 17sekian - 10.7 = 7 MHz, jadi dah di band 40 meter. Spoel2 RF disesuaikan dulu dong.
    2. Modif di VCO spy kerja di atas Xtal ( asalnya di bawahnya ), dibuat di sekitar 22 MHz, hasilnya dicampurkan sbg LO. Maka hasil RFnya di sekitar 11 MHz. Dapet dah !

    Semua sdh sy praktekkan dengan Colt 485 di 11 MHz dan Tristar untuk 7 MHz alias 40 meter.Ok ya, salam dari Purwokerto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om.....(Anonim) dari Purwokerto,

      Terimakasih dulu nih...atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini ya...

      Wah...terimakasih banyak nih..atas infonya yang sangat bermanfaat.

      Kalau om bersedia dan boleh disharingkan untuk rekan2 lainnya di blog RT ini, boleh dong dikirimkan artikel, skema dan lainnya via email radiotengkorak@gmail.com dan kalau diizinkan akan saya postingkan juga di blog ini.

      Dan juga untuk rekan2 lainnya, apabila ada masukan serupa seperti om dari Purwokerto silahkan ditunggu komentarnya dengan senang hati.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini