SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Senin, 09 Juli 2012

CONVERTER 27Mc TO 11Mc



Skematik Down Converter di atas berfungsi untuk menurunkan frekwensi Radio CB yang berkisar 27Mc (11 Meters Band) menjadi sekitar 11Mc (26 Meters Band).

Supaya tidak membingungkan sebagian rekan2 yang tidak biasa atau belum mengenal mengenai frekwensi 11Mc yang saya maksud adalah frekwensi 11.415Mc dan sekitarnya ;-)

Tetapi bagi rekan2 yang biasa nongkrong pada frekwensi ini, pasti sudah tidak asing lagi kalau kita bilang 11Mc, ya..sudah pasti sekitar itu lah...hehehe :-)

Rangkain converter ini dirakit diluar atau secara terpisah dengan box tersendiri sehingga mirip seperti sebuah  Booster CB.

Jadi apabila diperlukan untuk supaya bisa transmit dan receive di 11Mc, tinggal menghidupkan saklar ON saja yang di pasang di panel depan dari pada box converter ini tapi kita juga harus menambahkan rangkaian RF SWITCH yang dipasang pada 27Mc INPUT TX/RX converter ini atau lihat pada skematik di inputnya Bagian ATTENUATOR.

Untuk skematik RF Switch bisa di ambil dari skematik BOOSTER 27MHz 60WATTS dengan IRF540 yang pernah saya postingkan di blog ini sebelumnya atau bisa dilihat di Kumpulan Skematik Radio Tengkorak.

CARA KERJA CONVERTER INI :

1. Pada saat transmit

Bagian Oscilator merupakan suatu Oscilator X'tal yang berfungsi untuk membangkitkan frekwensi sebesar 16Mc. Yang mana frekwensi 16Mc ini selanjutnya dicampurkan dengan frekwensi 27Mc dari Out Antenna Radio CB pada bagian DOUBLE BALANCE MIXER.

Jadi pada saat transmit dengan menekan PTT Radio CB, frekwensi 27Mc akan dikurangi 16Mc, sehingga menjadi 11Mc.

Kemudian diteruskan ke bagian BAND PASS FILTER atau BPF yang bekerja pada 11Mc, untuk selanjutnya akan diperkuat oleh bagian RF PRE AMPLIFIER melalui Dioda Switching yang terbuka pada waktu transmit.

Diperlukan bagian tambahan lagi yang belum ada pada skematik converter ini seperti bagian DRIVER dan FINAL RF AMPLIFIER dan termasuk LOW PASS FILTER untuk 11Mc.

Untuk bagian Driver dan Final RF Amplifier termasuk juga Low Pass Filter, rekan2 bisa pilih dan memadukannya dengan rangkaian converter ini dari sekian banyak pilihan dengan output power yang bervariasi pula. Bisa menggunakan RF Linear Amplifier yang menggunakan mosfet atau transistor biasa bahkan bisa pakai lampu tabung juga.

2. Pada saat receive

Pada saat receive, rangkaian converter ini akan mengembalikan lagi frekwensi 27Mc dengan cara menambahkan frekwensi 11Mc yang diterima antenna dengan frekwensi 16Mc yang dibangkitkan oleh Oscilator X'tal pada bagian DOUBLE BALANCE MIXER, yang selanjutnya frekwensi 27Mc ini diteruskan ke bagian RX Amplifier dalam Radio CB melalui antennanya.

3 komentar:

  1. Mas Andi, sy pingin buat converter 27mhz ke 11mhz ..tp kendalanya malas gambar di pcb atau Mas Andi menyediakan PCB nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Heribertus Irwan,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ya...

      Mudah2an kedepan saya bisa memenuhi permintaan mas Heribertus.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  2. gemana om untuk skema/ukurang antena dobel basoka untuk bekerja di 40 meter band maksih ya om andi

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini