SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Sabtu, 04 Agustus 2012

MOXON ANTENNA



Moxon Rectangle Antenna pada gambar di atas di design untuk di 27.555MHz, untuk keperluan sebagai antenna dxing dengan ukuran sbb :
A = 3.9594 meters
B = 0.5962 meters
C = 0.1088 meters
D = 0.7394 meters
E = 1.4444 meter
Ukuran kawat yang digunakan #14 AWG atau 1.5 mm

Untuk frekwensi lain silahkan di kalkulasikan untuk ukurannya dengan menggunakan software program yang disebut Moxon Rectangle Generator yang dibuat oleh Dan Maguire, AC6LA.
Silahkan download di sini  :
DOWNLOAD MOXON RECTANGLE GENERATOR


Contoh tampilan Moxon Rectangle Generator, design frekwensi 27.555MHz


Moxon Antenna adalah jenis directional antenna (antenna pengarah) yang berbentuk kotak empat persegi panjang, maka dari itu disebut juga sebagai Moxon Rectangle berdasarkan desain asli dari Fred Katon, VK2ABQ dan LB Cebik, W4RNL yang mengoptimalkan Antenna  Moxon yang terbuat elemennya dari kabel/kawat atau versi Wire Moxon.






Moxon Antenna dapat kita gambarkan sebagai  antenna yagi dua elemen yang terdiri dari elemen driven dan reflector yang kedua ujung masing2 elemen nya, ditekuk saling berhadapan satu sama lainnya.




Kemudian dari kedua ujung masing2 elemen yang ditekuk saling berhadapan satu sama lainnya ini dipisahkan oleh isolator yang disebut gap.

Gap harus terbuat dari bahan isolator dan berfungsi untuk memisahkan kawat elemen dan mengatur jarak kedua ujung elemen yang saling berhadapan, sehingga dapat kita gambarkan bahwa pada gap ini akan terbentuk directive pattern unique pada moxon, sehingga pada saat pengaturan jarak yang tepat dari kedua ujung elemen ini akan didapat nilai SWR yang rendah.

Moxon Antenna mempunyai tiga keuntungan lebih jika dibandingkan dengan antenna tipe yagi dua elemen biasa/conventional

1.Bentuk ukuran fisik kecil
Moxon Antenna bisa dibuat dari bahan yang ringan dengan menggunakan kabel/kawat  untuk elemennya dan   hanya memerlukan tempat untuk mendirikan antenna ini seluas dua pertiganya dari jenis antenna directional/pengarah biasa.

2.Front to back ratio
Moxon front to back ratio lebih dari 30dB






3.Impedansi Moxon Antenna 50 ohm
Sehingga bisa langsung di feed dengan kabel coaxial 50 ohm seperti RG 58 atau RG 6.
Nilai SWR yang diperoleh hampir sempurna mendekati 1 : 1 dan tidak perlu menambahkan rangkaian matching (matching device).

Penampilan dari system antenna ini sangat bagus dan mudah dibuat sendiri dan biasanya tidak memerlukan penalaan2 lain yang rumit dan untuk membuat antenna moxon rectangle ini hanya memerlukan waktu beberapa jam saja dengan menggunakan bracket yang berbentuk X atau H.
Untuk spreadernya bisa menggunakan bamboo, fiberglass, pvc atau bahan lainnya.






Untuk mendapatkan pancaran dengan polarisasi vertical dari antena moxon bisa di install dengan posisi berdiri seperti pada gambar diatas.

Happy homebrewing with new project

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini