SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Senin, 10 September 2012

ANTENNA PENJOR




Berikut masih seputar antenna yang memanfaatkan bahan seadanya. Bahannya terbuat dari kawat atau kabel dengan tiang bambu yang biasa dipakai tiang penjor kalau di Pulau Bali, atau kita kenal juga tiang umbul2 untuk daerah lain.

Sebagai radial antenna bisa dipakai kawat email atau kabel dengan diameter minimum 0.8 mm dengan panjang masing-masing radial 1/4 lambda.

Untuk bentuk tarikan wipp/radial antennya tidak harus selalu tegak lurus, bisa saja ditarik agak miring disesuaikan dengan ukuran tinggi tiang bambunya, supaya titik feed antenna kira-kira minimum 3 meter dari ground.

Antenna Penjor seperti gambar diatas bisa dipakai untuk frekwensi 27MHz/11 Meters atau untuk 11.415MHz. dengan ukuran masing2 radial untuk di 27MHz = 2.75 Meters, dan untuk di 11.415MHz = 6.25 Meters.

Antenna penjor ini sudah dicoba oleh Pak Paimo dari Bali dengan hasil yang sangat memuaskan, bahkan dipakai trek-trekan di 11.425MHz, dengan kekuatan signal beliau tidak kalah dengan rekan2 lain yang pakai antenna mahal :-)

Happy homebrewing and wish you good luck

2 komentar:

  1. salam dari iwan surabaya.....saya sekarang menggunakan antena penjor atau L-antena (dipole vertical) utk di 27Mhz. menggunakan stik pancing dgn kawat email 1,3mm. hasil memuaskan...simple...gak neko2...hehehehehe....

    BalasHapus
  2. Hallo Mas Iwan,
    Terimakasih atas kunjungan setia dan komentarnya di blog RT.

    Salut mas...dan selamat atas keberhasilannya dalam mencoba antena penjor atau L antenna.

    Terimakasih juga atas sharing infonya disini yang sangat berguna bagi saya dan juga rekan2 lainnya.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini