DDS VFO MULTIBAND, MODULE AD9850 : 0 - 40 MHz

Jumat, 04 Mei 2012

MODIFIKASI AUDIO SSB SUPERSTAR 2000, 2200, 2400




Bagaimana Cara Memodifikasi Superstar 2000, 2200, 2400 dll, (berlaku sama juga  untuk semua type Radio CB lainnya cuma identitas komponen seperti yang ditunjukkan misal C91, R67 dst. tidak sama) agar supaya audionya serasa Kenwood TS430S ? :-D

Langsung saja yah...begini caranya :
Pertama, buka cover atas dan bawah dari Radio SS 2200 ini.
Kedua, cari lokasi IC Balance Modulator AN612 (IC4)
Perhatikan Pin No.1 dari IC AN612 ini, ada capasitor tantalum/elco (C91), 0,22uF/50V atau terkadang 0,47uF/50V, yang salah satu kaki dari capasitor ini (+)  nyambung ke Pin No.1 dari IC AN612. Kemudian kaki capasitor lainnya (-) tersambung ke Resistor 1K (R67) dan kaki R67 yang lain tersambung ke kaki tengah dari Resistor Variable (RV6) 500 Ohm, kaki RV6 yang lain nyambung ke ground, dan kaki RV6 yang lain lagi nyambung ke R152, 2K7 melalui layer PCB atas.
Selanjutnya kaki dari R152 yang lain nyambung ke out put IC Audio Pin No.1 (IC6) melalui sebuah capasitor dulu C162, 470uF/16V.

Dengan memperhatikan jalur2 PCB tersebut kita sekarang sudah mengerti dari mana asalnya/sumber audio untuk sistim modulasi pada mode SSB.

Perhatikan pada gambar layout komponen Superstar 2200 ini, untuk lokasi IC Balance Modulator AN612 yaitu IC4 kemudian RV6 dan IC Audio yaitu IC6.




Skematik Super Star 2000, 2200, 2400, Hy Gain V
dan Radio CB lainnya yang mempunyai kode pada PCBnya
PTBM 131 A4X

Untuk mendapatkan hasil gambar skematik yang tidak pecah

sewaktu dibesarkan klik pada DOWNLOAD di bawah ini

DOWNLOAD SKEMATIK SUPER STAR 2000,2200,2400


Sekarang mulai kita modifikasi bagaimana agar supaya audio dari Superstar 2200 ini serasa audionya Kenwood TS430S he...he :-D

Objectives :
Dengan mempelajari dan mengetahui seputar modifikasi ini, kita diharapkan bisa melakukan modifikasi radio cb kita sendiri, tidak dimodifikasikan lagi oleh orang lain. setuju ?

Supaya hasil audio pada mode SSB bagus keluarannya atau didengar lawan bicara kita bagus, tidak cempreng seperti kebanyakan audio aslinya, atau seperti kumur2 kedengarannya.
Caranya jangan pakai lagi sumber audio untuk modulasi dari aslinya yang ada di dalam radio ini yaitu dari IC audio atau IC6.
Fungsi dari IC6 ini tetap terpakai untuk audio penerimaan dan untuk modulator pada mode AM saja.

Sedangkan untuk memodulasi SSB atau USB/LSB, kita ambil sumber audio/modulator dari luar saja. Satu tingkat Pre Amp Mic saja sudah cukup. Atau kalau mau lebih bagus lagi Pre Amp Mic nya dilengkapi dengan Tone Control.

Untuk Pre Amp Mic yang bagus yang biasa saya rakit dan cocok untuk berbagai jenis radio, cocok juga untuk dipakai pada output tx yang besar dengan tanpa kemasukan RF.
Soalnya menurut pengalaman dalam merakit berbagai Pre Amp Mic sebelum menemukan rangkain Pre Amp Mic yang ini, biasanya semua jenis rangkaian Pre Amp Mic itu bisa dipakai pada radio, artinya tidak kemasukan RF dari tx nya pada output power tx rendah, misal 5 - 10 watts tapi setelah dipakai di radio yang lebih tinggi output tx nya hasilnya jadi nggak karuan.

Sekarang kita kembali lagi pada pembahasan sekitar modifikasi audio untuk SSB pada Superstar 2200, jadi hampir lupa nih...

Oh...ya...cari letak Resistor R67 (1K), kalau sudah ketemu lepas bagian kakinya dengan disolder sebelah saja yang nyambung ke capasitor/elco C91 (0,22uF/16V).
Sekarang bekas kaki R67 pada bagian jalur PCB yang nyambung ke capasitor C91, solderkan sedikit kabel pada titik tersebut dan jumper langsung ke Pin Mic No.1.



Kabel warna putih adalah kabel jumper dari kapasitor input IC Ballance Modulator C91 ke  TP 16
pada Radio CB Superstar 2000, 2200, 2400 

Tips : supaya tidak kelihatan langsung jumperan tadi, jangan disolderkan langsung di Pin Mic No1 tapi solderkan saja di TP16, hasilnya sama saja TP16 ini menuju ke Pin Mic No.1 juga, cuma lebih manis saja kelihatannya dan jarak kabel jumperannya lebih pendek, apalagi lewat sebelah atas PCB, sambil diumpet-umpetin pakai kabel telanjang satu lembar, biar orang lain jadi bingung gimana cara memodifikasinya dan susah ditiru padahal cukup mudah kan...he..he;-)

Nah...Modifikasi untuk audio SSB pada radio sudah selesai. sekarang buat cukup satu tingkat saja Pre Amp Mic diluar. Usahakan dengan PCB yang kecil dan dapat dimasukkan ke dalam kotak PTT dengan Mic condenser lebih bagus dan dipasang Variabel Resistor untuk mengatur volume audio nantinya.

Saya sangat merekomendasikan skema Pre Amp Mic di bawah ini, karena sudah terbukti sangat bagus sekali.




Skematik Pre Amp Mic





Untuk pengambilan tegangan +13.8v untuk Pre Amp Mic ini diambil dari dalam radio cb melalui resistor 2k2, kenapa harus melalui resistor 2k2 dulu ? Jawabannya : Supaya tegangan + yang melalui kabel spiral mic radio tidak  langsung sebesar 13.8v. Ini untuk menjaga hal2 yang tidak kita inginkan, seperti konsleting antar kabel di dalam kabel spiral mic itu sendiri maupun di dalam kotak mic nya. Jadi kalau tegangannya agak rendah atau sudah diturunkan dulu dengan resistor 2k2 yang dipasang dalam radio, seandainya terjadi konsleting yang mungkin saja terjadi karena kabel di dalam kabel spiral mic lecet  karena sering ketarik dan keplintir waktu pemakaian, tidak membikin fatal paling2 resistor 2k2 nya yang putus karena hangus, jadi tidak sampai kabel spiral mic nya ikut terbakar atau sikring pada power supply utama radio putus. Selain itu juga fungsi resistor 2k2 ini untuk mengurangi tegangan/menurunkan dari 13.8v menjadi sekitar 8/9v.O'ya rekan2 cb'er, mungkin sudah mengetahuinya yah ?

Pasang resistor 2k2 ini pada pin no.3 di socket mic radio cb Superstar 2000, 2200, 2400, dan kaki resistor yang lain sambung ke +13,8v, ambil dari saklar on/off yang bersatu dengan potensiometer volume radio, supaya jaraknya dekat.  Pastikan solderkan di kaki saklar yang nyambung dengan tegangan +13.8v pada saat radio di on kan, dan pada saat radio off maka tegangan yang diambil untuk pre amp mic juga ikut mati.

Pasang relay kecil tambahan 1 induk yang berfungsi untuk memutus/menyambungkan audio out dari pre amp mic yang kita buat tadi, dengan cara menyambungkan pin no.1 pada soket mic disambung ke pin  relay NO : Normally Open, kemudian pin induk/common nya disambung ke in mic radio cb. Kenapa audio out dari pre amp mic ini harus diputus/disambungkan dengan relay ? Jawabannya : supaya tidak terdengar bunyi feedback/storing pada waktu receive.
Untuk tegangan relay tambahan 1 induk ini dengan cara mempararellkan nya dengan relay yang sudah ada bawaan nya pabrik radio cb.

Nah...selesai sudah tentang seputar modifikasi audio Radio CB Superstar 2000, 2200, 2400 ini dengan harapan sekarang audio/modulasinya berubah seperti Kenwood TS430S.
Jadi Superstar 2200 rasa Kenwood TS430S he..he..he :-D

Untuk modifikasi radio cb lain selain type Superstar 2000, 2200, 2400 pada prinsipnya sama saja bisa dilakukan.

Disclaimer :
Admin Radio Tengkorak tidak bertanggung jawab atas segala hal kerusakan yang timbul karena diakibatkan oleh perbuatan modifikasi anda. Informasi ini hanya sebatas ilmu pengetahuan saja bagaimana cara merusak radio cb anda, eh...salah :-D maksudnya bagaimana cara memodifikasi audio radio cb anda.
Kalau tidak berani menanggung resiko jangan coba2 melakukan modifikasi, karena radio anda akan jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya he..he..he

Selamat mencoba dan sukses

MY NEW QSL CARD


"THE FINAL COURTESY OF QSO/DX IS QSL CARD"

Itu adalah sebuah motto yang terutama bagi seorang Dx'er.
Bagi seorang Dx'er mutlak harus punya/siap dengan Qsl Card, walaupun yang cukup sederhana.

Nah...untuk memenuhi keperluan tersebut maka saya bersama Qsl Manager di DA-RC  Dx Adventure Radio Club atau Delta Alfa pada awal bulan Mei 2012 ini telah siap dengan design QSL Card yang baru.

Qsl Card yang baru ini sebagai pengganti Qsl card yang lama. Sebenarnya bukan pengganti sih...tapi sebagai pelengkap Qsl Card yang lama.
Jadi bagi para dx'er yang ingin mengkonfirmasi suatu qso dengan saya, apabila mereka menginginkan Qsl cardnya, maka saya akan balas/repply dengan Qsl Card baru + Qsl card yang lama untuk dijadikan sebagai Qsl Card Collection bagi mereka.

Qsl Card saya yang baru designnya seperti dibawah ini dan dicetak oleh "COOL QSL"
Bagaimana rekan2 pecinta 27 Mhz setuju nggak ? he..he :-)
designnya cukup mewakili Pulau Bali bukan ? Karena saya tinggal di Denpasar Bali dan sekalian dengan membawa misi seperti misinya para dx'er lainnya dari Indonesia bahwa sebenarnya kita ini tidak hanya sekedar ber qso/dx dan saling tukar menukar Qsl card, tetapi juga sekalian kita promosikan potensi pariwisata yang ada di seluruh negeri ini, lewat cara/hoby kita sebagai seorang Dx'er yaitu lewat qso/dx.



Tampak Depan

Tampak Belakang




Ini Qsl Card saya sebelumnya/lama dicetak oleh "ON5UR QSL"
Tampak depan
Qsl double card



Tampak belakang
Qsl double card









Ini Qsl Card saya juga di Dx Group Echo Tango


Tampak depan



Tampak belakang











QSL Card di Dx Group Sugar Delta



















73's and Good Dx

Andi
91DA002
91ET001 ( Echo Tango Indonesia Coordinator )
91SD033

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini