SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Senin, 08 April 2013

BALUN 50 ATAU 70/75 OHM KE 100 – 1600 OHM



Sumber artikel ini saya ambil dari postingannya Om Djoko Haryono di Facebook Group HOME BREW PROJECT ( CB RADIO, ANTENNA, SWR, AUDIO, MICROPHONE, BOOSTER, etc )


 CAPACITIVE / INDUCTIVE BALUN.

 1. Ukuran2 diatas adalah contoh untuk freq. 145 MHz.

2. C1 dan C2 kapasitasnya bisa dicari-cari yang tepat. Coba dulu dengan 140 PF untuk yang disisi coax dan yang lebih tinggi untuk yg. disisi ladder / balance ( misalny
a 200 PF ). Kalau kurang sesuai coba kapasitas lain yg berbeda. C2 adalah varco double gang ( sekali putaran sumbu menyetel kedua varco sekaligus ).

3. Semua komponen bisa dimasukkan kedalam kotak almunium ukuran 150 x 75 x 75 mm ( = 6 x 3 x 3 inch ).

4. L1 email 2 mm ( 14 SWG )dipertin dgn timah solder. Kumparan 2 lilit digulung air spaced dgn. Diameter lubang 25 mm ( 1 inch ). Kerenggangan antar lilitan 3 mm ( 1/8 inch ).

5. L2 email 2,64 mm ( 12 sWG ) dipertin dgn. Timah solder. Kumparan 5 lilit digulung air spaced dgn. Diameter lubang 12 mm ( ½ inch ) lalu ditarik/direnggangkan sampai panjang kumparan menjadi 21 mm.

6. Ada 2 tap pada L2 yang masing2 terletak pada 1 ½ lilitan dari ujung. Jika pada sisi output/balanced diperlukan nilai impedansinya lebih rendah dari 100 ohm maka posisi tap perlu dipindah , digeser lebih mendekat kebagian tengah.

7. Lalu dipasang dengan L 2 ditaruh didalam ( ditengah tengah ) coil L1 , tetapi JANGAN SAMPAI KEDUA COIL TSB. SALING MENYENTUH.
8. VSWR meter dihubungkan pada sisi coaxial ( diantara TX dengan terminal Coax ). Stel C1 dan C2 sampai didapatkan pembacaan terendah. Jika tidak tercapai , geser tap pada L2 keposisi lain.

Djoko Haryono.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini