SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Kamis, 08 Agustus 2013

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN THRULINE WATT METER SEBAGAI SWR METER YANG AKURAT ?



Sumber artikel ini saya ambil dari postingannya Om Djoko Haryono di Facebook Group HOME BREW PROJECT ( CB RADIO, ANTENNA, SWR, AUDIO, MICROPHONE, BOOSTER, etc )



BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN THRULINE WATT METER SEBAGAI SWR METER YANG AKURAT ?

Keterangan : Gambar diatas BUKAN model yang sama dengan yang ada penjelasan prosedur pemakaiannya dalam link dibawah ini meskipun merk Watt meternya sama dan juga sama2 memiliki nomor model yang berseri 43 ( yang ada manualnya dalam link dibawah adalah model 43 dan yang ada dalam foto diatas adalah model 4410 A dengan slug untuk pengukuran power TX sampai 10.000 Watt ).
Gambar diatas hanya sekedar ilustrasi saja.

Untuk melakukan pengukuran SWR menggunakan “ SWR Meter Beneran” ( jenis Thruline Watt Meter yang akurat ) harus dilakukan dengan cara yang benar. Mereka yang melakukan peraturan harus mengenali dulu dengan baik prosedur penggunaan secara benar untuk mendapatkan hasil terbaik serta agar tidak merusak peralatan.

SWR meter semacam ini sangat berbeda prinsip kerjanya dengan hampir semua ( kebanyakan SWR meter yang beredar dipasaran ). SWR meter yang paling banyak dijual dipasaran adalah jenis yang kurang akurat karena melakukan pengukuran dengan menggunakan sample tegangan ( voltage ) yang ada pada coax atau yang kita kenal sebagai VSWR. Ada juga SWR meter yang bekerja menggunakan sampling Arus/Current ( disebut ISWR ) namun jauh lebih jarang karena pembuatannya yang lebih sulit ( tidak sepraktis VSWR atau yang lebih sering disebut SWR Meter ).

Bagaimana peraturan cara penggunaannya , tergantung dari modelnya , tetapi secara umum KURANG LEBIH sama ( kecuali untuk daya2 besar dan atau model yang dilengkapi dengan tombol Selector / Multiplyer seperti diatas ).

Saya postingkan link dibawah ini untuk memberikan berikan contoh cara menggunakan alat ukur semacam ini :

http://www.repeater-builder.com/test-equipment/bird/pdf/bird-43-wattmeter-old.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini