SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Rabu, 15 Oktober 2014

TRIMMING YAESU FT- 80C AGAR POWER OUT TX MAKSIMAL

Referensi : Service Manual Yaesu FT-80C





Artikel sebelumnya yang terkait dengan modifikasi  Radio Yaesu FT80C :

http://radiotengkorak.blogspot.com/2012/10/modifikasi-radio-yaesu-ft80c.html

http://radiotengkorak.blogspot.com/2012/10/hal-sepele-yang-berakibat-fatal-pada.html




T14 - T19 : IF TX yang perlu di trim untuk memaksimalkan PO TX



 Trimming VR10 : PO TX, VR12 : PO TX Meter


Hallo rekan2 semua pengunjung setia blog RT, rasanya sudah lama saya tidak sharing info mengenai masalah2 yang berhubungan dengan hobi kita ini, dikarenakan kesibukan kesehari-harian.

Tapi kali ini saya ingin mencoba sharing info lagi ditengah-tengah kesibukan kesehari-harian ini mengenai Trimming Yaesu FT80C agar PO Out TX maksimal.

Berawal dari pertanyaan dari beberapa rekan pengunjung setia blog RT ini yang menanyakan ke saya melalui telp, sms dan email maupun bbm, tentang "Bagaimana caranya membesarkan/memaksimalkan Power Out TX radio Yaesu FT80C ?"

Atau istilah yang sering kita dengar dikalangan para penghobi radio amatir ini adalah MEMLINTIR...hehehe..."Bagaimana caranya memlintir FT80C agar maksimal power tx nya ?"
Apalah sebutan/istilahnya, mlintir, plintir, trim, adjust, tune dll, yang jelas maksudnya sama.

Seperti yang diperlihatkan pada gambar2 diatas, adalah bagian2 yang perlu diplintir untuk memaksimalkan po tx nya.

T14, T15, T16, T17, T18 dan T19 adalah coil IF TX, yang perlu diplintir ulang kalau dirasa po out tx nya kurang maksimal, karena mungkin pengaruh pergeseran atau getaran mekanis terhadap radio sehinggga setelan yang sudah tepat sejak dari pabriknya beberapa tahun lalu sudah mengalami perubahan jadi kurang tepat lagi, atau memang secara tidak sengaja keplintir sebelumnya.

Sedangkan VR06 adalah setelan untuk PO TX mode AM ( tidak berpengaruh pada mode lain selain mode AM )
Putar VR06 ini sesuai mau berapa watt PO TX AM nya mau dikeluarkan, tapi menurut rekomendasinya atau sesuai speknya FT80C, untuk mode AM PO TX nya 25 Watts saja.
Kalau mau menuruti speknya putar saja VR06 ini sampai mencapai 25 Watts yang ditunjukkan oleh bantuan alat ukur Wattmeter dan Dummyload.

VR10 adalah setelan untuk PO TX ( berpengaruh pada semua mode AM, CW, LSB, USB )
Putar VR10 ini full kekanan/searah jarum jam untuk po tx maksimal (100 Watts ).

Kemudian VR12 adalah setelan PO TX Meter.
Putar ulang VR12 ini, kalau dirasa jarum penunjukan po tx terlalu mentok kekanan jarumnya, supaya jarumnya tidak cepat bengkok.

CATATAN :
Lakukan penyetelan ulang VR06, VR12, sesudah selesai pengetriman T14-T19. Supaya PO TX nya maksimal dulu biar sekali saja dan pas  penyetelan VR06 dan VR12 ini.


CARA TRIMMING PO TX :
Pengetriman ini akan berpengaruh pada PO TX keseluruhan, maksudnya berpengaruh terhadap semua mode AM, CW, LSB, USB.
Buka cover bagian atas radio, maka akan terlihat unit Main Board yang seperti terlihat pada gambar diatas.

Dengan bantuan Wattmeter dan Dummyload, set frekwensi FT80C pada 14.200MHz dengan mode CW, kemudian sebagai pengganti saklar ptt pada mic, tekan saja tombol MOX dan trim coil IF TX, T14 - T19 yang letaknya sesuai pada gambar diatas.

Terutama untuk T17, T18, T19 gunakan obeng trim khusus yang gagangnya dari plastik, karena coil ini sensitif terhadap bodi kita agar tepat waktu ngetrimnya.

Kalau dirasa sudah cukup maksimal  po tx nya atau sesuai dengan yang ditunjukkan pada wattmeter, kemudian trim ulang VR10, pastikan posisinya maksimal mentok kekanan dan VR12 juga perlu di trim ulang untuk keselarasan penunjukan jarum po tx nya biar pas tidak terlalu nabrak2 dinding vu meter sebelah kanan sampai bunyi jeplak2...khawatir cepat bengkok jarumnya.

Setelan yang ideal adalah waktu kita berbicara yang paling keras di microphone, jarum harus menunjukkan tepat pada batas akhir skala PO TX Meter, atau diatas angka 10 sebelum batas akhir skala.

PO TX MODE AM :
Pengetriman ini tidak berpengaruh pada mode lain selain mode AM.
Set frekwensi pada 14.200MHz, dengan mode AM, kemudian tekan tombol MOX dan setel VR06 sampai menunjukkan 20-25 Watts pada Wattmeter dan Dummyload.
PO TX AM 20-25 Watts adalah sesuai speknya FT80C dan sebenarnya kalau diperlukan PO TX AM lebih besar lagi bisa ditingkatkan lagi dengan menyetel VR06 nya sampai 100Watts juga.

Sampai disini dulu rekan2 semua mengenai sharing info dari saya mengenai Trimming Yaesu FT80C agar Power Out TX Maksimal.

Sebenarnya masih banyak cara trimming2 bagian lainnya pada FT80C ini, namun yang saya sampaikan kali ini hanya cara trimming yang ada hubungannya saja dengan PO TX dan sengaja saya tidak membahas lebih dalam lagi untuk ngetrim VR yang ada dalam blok Power RF Linearnya/blok Final TX nya. Untuk menghindari resiko yang fatal karena salah trim, bisa menjebolkan transistor finalnya, karena ada hubungannya dengan setelan proteksinya transistor final tx.

Saya lebih suka jangan mengutak-atik setelan asli dari pabriknya untuk masalah dalam blok Power RF Linearnya. biarkan saja seperti aslinya.

Kita tadi hanya melakukan trimming bagian IF TX nya saja biar maksimal potx nya sebelum diumpankan pada bagian blok Power RF Linearnya dan jelas akan meningkatkan PO TX nya juga secara keseluruhan.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Salam terbaik





Disclaimer :

Admin Radio Tengkorak tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang mungkin terjadi pada radio Yaesu FT80C anda, setelah anda melalukan pengetriman ini.

35 komentar:

  1. Kang Andy, FT80c saya saat tx (usb) jarumnya suka tiba2 mentok ke kanan dan saya dianggap hilang oleh lawan bicara saya. Mohon pencerahannya, Trims.
    Wing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Wing,

      Mohon maaf untuk masalah tsb, saya belum bisa menjawabnya secara pasti, perlu mencek/menganalisanya terlebih dahulu untuk permasalahannya.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  2. Siap Kang.
    Apa boleh saya inapkan saja di Cianjur? Mohon kabar.
    Nuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Wing,

      Silahkan kang

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  3. kang andi 80c sy saat dimodulir relay di bandpas deket ke ant gemerosok power tdk keluar apanya ya? tapi kalo dikasi 15v normal..?

    BalasHapus
  4. Hallo mas Budy,

    Coba ganti relaynya mas, atau coba semprot/bersihkan dengan contact cleaner, karena rf lewat kontak relay waktu dimodulir.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  5. om andi ft 80c saya frequensi nya selalu geser setelah di dial angka belakang mundur sampai lima gimana solusinya om mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Abah,

      Terimakasih Abah atas kunjungan dan komentarnya kembali di blog RT.

      Kalau masalahnya seperti itu, harus buka cover panel depan radio sampai terjangkau dial encoder/rotary dial frekwensinya bah...terus semprot bagian dalam dial encodernya dengan contact cleaner yang mengandung pelumas...bisa pakai wd40 atau merk philips sambil diputar-putar tangkainya sampai dirasa cukup merata dan lancar atau rotary dial encodernya bisa dilepas dulu solderannya, cukup mudah kok...dan pasang kembali setelah dibersihkan dg contact cleaner tadi dan terus pasang lagi/solder kembali dan dicoba sekarang.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. kalau punya saya dengan tiba2 freq bergeser sendiri serobitnya om.jadi kalau lg komunikasi tiba2 freq mleset

      Hapus
  6. 80c sy di demua band output rata2 100 watt cm di freq 11 mc kok 40 watt.apa yg hrs di oupreq.......trima kasih mas andi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Sadewa,

      Apa sudah ditrim ulang seperti pada artikel diatas, dengan frek set di 14.000MHz ?, kalau sudah coba sekarang trim pada frek set 11MHz, hasilnya gimana dan perhatikan pula band lainnya.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  7. Om bgmn cara trim reicev/RX pd ft80c agar lebih peka..?
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Om bgmn cara trim reicev/RX pd ft80c agar lebih peka..?
    Terima kasih

    BalasHapus
  9. MOHON SOLUSI om andi,
    radio sya ft 80c riciv normal,kendalanya pd saat transmit power bisa keluar jika pada BPFdisentuh tangan..,kasus begini kmponen apa yg lemah,mksh banyak sebelumnya

    BalasHapus
  10. ya..mas andi ..sy juga ingin mengetrim receivernya...,soalnya dibandingin sama punya teman ft80c saya agak budeg...

    BalasHapus
  11. sore mas....ft 80c sy udah sy trimr sesuai arahan diatas tp untuk modulasi kok tetep tertinggal knp ya mas, matur suwun

    BalasHapus
  12. Om Andi Ft80c sy kalo baru dinyalakan tidak mau tx walau ptt sdh ditekan, relay tidak nyala, lampu tidak nyala, tp setelah 10 menit ok kembali.. kalo rx normal .. kenapa ya... trims atas penjelasannya.. Joni Purbalingga

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum Om Andi,Saya mau tanya kalau Yaesu FT80-C itu bisa ngga menggunakan antena G7 atau antena Telex seperti Rig 2 meteran.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum wr wb
    Kang andi,saya mau tanya...80C saya klo di on kan tidak ada suara,pd saat rotari dial sedikit di tekan ada suaranya tp blm pas,saya off dan on kan lagi baru suara ada,tapi power tidak kluar,kemudian saya tekan lagi dial..baru ada...kira2 trouble dibagian apanya kang...
    Hatur nuhun info nya...De YC0OSX/JZ09EGK

    BalasHapus
  15. Salam om. Mau tanya kenapa di 80c saya terkadang di mode usb suaranya tidak zerobit .terkadang mau zerobit. Saya trim di blakang mau normal. Saya diamin beberapa hari lagi tidak zerobit. Seperti bebek.

    BalasHapus
  16. Siip.ada blog yg membahas dan tanya jawab mengenai perbaikan radio yaesu 80C ini,kerna sekaranh ini klo di komunitas FB hanya judulnyanua saja misal judul komonitas pecinta yaesu 80 c,tapi kalo kita tanya bagaimana cara bikin yaesu 80c agar modulasi peka,mereka mereka dikomonitas malah jarang ada yg msu jawab benar benar,yang ada justru jialan pream micnya,jd sekaranh klo kominitas di fb sulit sesuai judul kebanyakan hanya kumpulan penjual yang ingin menawarkan barang daganganya,hampur semua judulnya komunitas belajar antena tp kalo kita tanya malah ada yang bilang buat apa susah susah bikin mending beli jadi,padahal judul komunitasnya belajar,atau pecinta radio yaesu 80 c tapi kalo kita tanya mau cara mai bikin sendiri/memperbaiki sendiri mereka dikomonitas pada malas bantu,padahal kalo blog dari luar negeri biasanya membagikan pengetahuan gratis tapi klo dipelajari oleh orang kita kok ilmunya ditahan gal mau dibagikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pedagang tengkulak kebanyakan di fb

      Hapus
  17. Kenapa yaesu 80c,saya kdang wat keluar kdang tidak saya cek bagian belakang antena konector terhubung,kdang dipencet ptt dan di siul naik,kdang tidak nsik wat,apa ya oenyebabnya

    BalasHapus
  18. Yaesu 80c saya beli bekas kipas pendinginya dilangsungkan tanpa menungu reaksi suhu penal panas,saya ingin mengembalikan seperti semula,komponen type apa yg dipakai untuk mendinginkan medeksi panas suhu agar kipas otomatis lg,mohon type dan photo komponenya,terimakasih

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. salam kenal om andi, problem ft 80c setelah di on kan tidak bisa langsung tx, harus nunggu bberapa menit baru bs tx, mohon pencerahannya om, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. om apakah radio nya sudah normal kembali ? bagian apa yang di ganti ?

      Hapus
  21. Salam kenal bang Andi

    Ijin bertanya bang
    Radio sy ft80c tdk tau kenapa ketika ptt di tekan, sinyal meter naik full, padahal belum di modulir.
    Mohon dibantu cara mengatasinya bang
    Terima kasih
    YD2NIR SEMARANG

    BalasHapus
  22. Sya mau tanya kalo Jarum Radio dan swr kaga naik Itu apa nya Risif bisa Tapi kaga mancar apa nya ya om

    BalasHapus
  23. Bang, kok ft 80c kacau, suaranya bebek semua, apa yg harus disetting?
    Terima kasih

    BalasHapus
  24. Maksih in fonya klo bisa review icom ic 725 om

    BalasHapus
  25. Yaesu 80c outputnya gak rata di 27 mhz outputnya kecil sekitar 15 watt tp difrekwensi lainnya besar dan di FM tidak bisa tx ada tulisan NAR, apakah dengan diplintir seperti cara diatas bisa kembali notmal

    BalasHapus
  26. Mas adi mau tanya radio saya ft80c powernya keluar kecil cuman 20watt dengan suply power 13.8 tapi kalau di kasih tegangan 16 volt power bisa keluar 150 watt kira" apanya yang bermasalah.terimakasih

    BalasHapus

Propagasi hari ini