SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Rabu, 03 Juni 2015

SPEECH PROCESSOR

Hallo rekan2 setia pengunjung blog RT apa kabar nih...?
Semoga slalu dalam keadaan baik ya...dan sukses slalu.

Untuk artikel kali ini saya akan kembali mereview tentang Speech Processor yang pernah dimuat beberapa waktu lalu pada blog ini juga.

Artikel yang lalu tentang Mic Compressor/Speech Processor
pada link berikut :
http://radiotengkorak.blogspot.com/2012/08/mic-compressor-speech-processor-dengan.html

Mengingat banyaknya antusias rekan2 yang ingin mencoba merakitnya sendiri, maka pada kesempatan ini saya tayangkan lagi skematiknya serta modifikasinya.



Gambar diatas merupakan contoh Speech Processor yang sudah jadi untuk keperluan/dipakai sendiri, memanfaatkan box bekas unit lain...atau bisa juga menggunakan box Echo Chamber yang banyak tersedia dipasaran, kalau anda malas membuat box khusus untuk Speech Processor ini.

Terlihat ada 5 buah knob untuk Volume, Bass, Treble, Out, juga saklar toggle 2 posisi untuk Compressor ON dan Compressor OFF.

Pada skematik awalnya potensiometer Out belum ditambahkan, dan sudah ditambahkan pada skematik modifikasinya ( bisa dilihat pada gambar berikutnya dibawah ).






Skematik Speech Processor


Skematik Speech Processor ( modifikasi )

Skematik Speech Processor diatas sudah dimodifikasi ditambahkan Potensiometer Out dan Saklar Compressor ON dan Compressor OFF, yang dikendalikan oleh 2 buah dioda tipe 1N4148 yang diberi tegangan positif arah maju bergantian sesuai posisi melalui saklar toggle 2 arah, posisi Comp. ON atau posisi Comp. OFF.

Salah satu dioda yang mendapatkan tegangan posisitif arah maju tadi akan melewatkan signal audio yang berasal dari Preamp Mic saja atau akan melewatkan signal audio yang melalui rangkaian compressor dengan ic uPC1158  tergantung posisi saklar toggle di posisi Comp. ON atau Comp. OFF.




Pada gambar diatas terlihat modifikasi/penambahan 2 buah  dioda 1N4148, 4 buah resistor dan 2 bh capasitor untuk posisi comp. ON dan Comp. OFF melalui saklar toggle 2 posisi, dipasang dibalik pcb, karena pcbnya sudah kadung dibuat sebelum ada modifikasi.

Hasil yang lebih baik ternyata dengan mengganti mic condenser dengan mic dynamic.
Menggunakan mic dynamic ternyata hasilnya lebih mantap, dengan noise yang lebih rendah dan bisa  lebih meredam suara2 background yang masuk, sehingga suara angin ciri khas dari Speech Processor yang mengiringi audio kita lebih lembut.

Untuk Limiter bisa tetap mengguakan Trimmer Potensio ( Trimpot ), dan untuk Volume, Bass, Treble dan Out menggunakan potensiometer.


PCB Update
Gambar2 berikut dibawah ini Speech Processor sudah menggunakan pcb yang sudah diupdate atau sudah ditambahkan saklar untuk Compressor ON/OFF sesuai dengan skema diatas Speech Processor ( modifikasi ).
Untuk keleluasaan dalam pengaturan LIMITER maka sengaja potensiometer LIMITER ditampilkan juga pada cover depan.

LIMITER berfungsi untuk membatasi output audio disaat Compressor ON, atau audio yang keluar bisa kita atur seberapa besar yang kita butuhkan untuk suatu transceiver supaya hasil audio modulasinya tidak cacat/over modulation saat kita berbicara terlalu keras/berteriak.

Sedangkan Compressornya sendiri berfungsi untuk menekan audio yang  lemah yang datang dari microphone saat kita berbicara menjauh dari microphone, supaya level output audio speech processor ini konstan.

Jadi kesimpulannya fungsi Compressor dan Limiter ini adalah sbb :
Speech Processor atau Compressornya sendiri berfungsi untuk menekan atau menguatkan audio yang     pelan/lemah yang datang dari microphone supaya level output audio tetap keras/kencang.

Sedangkan Limiternya berfungsi untuk membatasi level output audio supaya tidak cacat atau over modulasi setelah Speech Processor ini dipasang pada radio/transceiver.











Happy homebrewing and good luck

14 komentar:

  1. Ada yg sudah jadi bos?
    Tertarik untuk mencoba.
    Gemana cara pesannya?
    Lengkong 081236811616

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya berapa mas yang jadi. mohon imfo di 081342986575

      Hapus
  2. mantab makin kreatif aja moga bermanfaat dan mohon ijin mau di share. numpang tanya fungsi limiter pd kit diatas apa mas...

    BalasHapus
  3. Salam gan....bisa d pesan ga tuh gan...brapa hrganya....081248941404....di tunggu infonya....

    BalasHapus
  4. Klw untuk FM 2meter band bagus ga om?

    BalasHapus
  5. Info ke sini om 081275767742

    BalasHapus
  6. Masih ada yang udah jadi om ? info ke saya om 085313527000

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Masih ada om, info wa 085241970000?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Pak Zein Yamania,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Masih ada mas, akan saya hub lewat wa ya...

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. Bisa pesan perangkat audionya ini no wa sy 081343666007

      Hapus
  9. Banb , Andi minta tolong info ke 08121551339 .
    Terima kasih salam sukses

    BalasHapus

Propagasi hari ini