SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Jumat, 22 Juli 2016

MEMPERBAIKI RADIO YAESU FT80C YANG TIDAK BISA TRANSMIT / TIDAK KELUAR POWER OUT TX / NO TX


Artikel tekait :

http://radiotengkorak.blogspot.co.id/2014/10/trimming-yaesu-ft-80c-agar-power-out-tx.html


Hallo rekan2 setia pengunjung blog Radio Tengkorak.....
Semoga kabar baik selalu menyertai anda beserta keluarga dan dengan harapan smoga sukses selalu dalam berkarya dan tetap mencintai hobinya masing2.

Rasanya sudah lama saya nggak menulis artikel untuk sharing informasi mengenai hal2 yang berhubungan dengan hobi kita ini, dikarenakan waktu yang tersedia belakangan ini agak terbatas berbagi dengan waktu untuk kegiatan rutinitas.

Berawal dari banyaknya rekan2 pengunjung blog Radio Tengkorak yang bertanya mengenai bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan radio FT80C yang tidak bisa transmit dalam artian power tx nya tidak keluar atau keluar tapi sangat kecil sekali hanya beberapa miliwatt saja.

Kebetulan saya pernah menangani permasalahan yang sama persis seperti ini, dan oleh sebab itu saya ingin berbagi informasi atau sharing info dengan rekan2 semua pengunjung blog RT ini.

Tidak ada maksud menggurui hanya sekedar sharing info saja semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Karena rasanya sangat bahagia apabila yang saya sharingkan disini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Sebenarnya diantara rekan2 lain juga sudah banyak yang tahu untuk mengatasi permasalahan seperti ini, tapi hanya tidak menuliskan nya saja pada sebuah blog, sehingga infonya tidak sampai pada rekan2 lain yang membutuhkannya.

Mari kita mulai ya...bagi rekan2 yang mempunyai permasalahan tersebut yaitu Radio Yaesu FT80C yang tidak bisa transmit/transmit kecil powernya hanya beberapa milli watt saja.

Singkat cerita nih...2 buah transistor final 2SC3240, 2 buah transistor driver 2SC3133, transistor pre driver 2SC2166 yang ada pada blok PA Unit  sudah dicek dan diukur semua normal termasuk semua pra tegangan untuknya ada masuk.

Juga sudah dipastikan bahwa tidak ada komponen lainnya yang rusak atau hangus terbakar seperti resistor, kapasitor, induktor dll.

Juga transistor tx buffer 2SC2053 yang ada pada pcb Main Unit sudah diukur semua normal termasuk pra tegangan untuknya ada masuk.
Pokoknya sudah dilakukan semuanya tapi masih tetap transmitnya tidak keluar power out tx nya/kecil saja.

Sekarang kemungkinan terbesar kerusakannya pada Dioda Ballance Mixer TX tipe ND487C2-3R.
Lokasi dioda ini ada diantara T20 dan T21, bentuknya bundar warna hitam berkaki 4, pokoknya bentuknya persis sama seperti transistor tipe 3SK741 yang ada di sekelilingnya

Jadi jangan sampai tertukar dan pastikan lihat dengan kaca pembesar ada tertulis tipe pada bodinya kadang tertulis sepotong misal 87C2-3R.




Kalau sudah ketemu tempatnya dioda tersebut dilepas saja, kemudian ganti dengan tipe yang sama.

Untuk menyingkat tulisan disini tidak saya jelaskan bagaimana cara buka baut2 pcb main unitnya FT80C, karena saya yakin rekan2 semua sudah ahlinya.

Tapi permasalahannya lagi nih...cari pengganti dioda tersebut sulit gak ada toko yang jual, kecuali kita mencopotnya/membodol/mengkanibal dari rongsokan radio FT80C yang sudah tidak terpakai lagi atau sudah jadi rongsokan tapi tentunya diodanya harus masih dalam  kondisi baik walaupun hasil dari bodolan.

Nah...sekarang seandainya mau beli dioda ini tidak ada yang jual dan mau membodol dari rongsokan juga tidak ada ?

Solusinya bisa kita atasi dengan cara merakit 4 buah dioda tipe 1N4148 yang dibentuk seperti untuk dioda ballance mixer pada radio bitx persis sama.

Atau untuk lebih jelasnya, silahkan lihat pada gambar dibawah ini,
Pada gambar diatas, yang sebelah kiri merupakan bentuk dioda ballance mixer tipe ND487C2-3R aslinya dan yang sebelah kanan merupakan rangkaian 4 buah dioda sebagai penggantinya atau persamaannya.



Untuk pemasangan 4 buah dioda pengganti bisa dipasang dibagian bawah pcb main unit FT80C seperti pada gambar diatas ataupun dipasang dibagian atas pcb pada tempat aslinya tidak masalah bisa2 saja.

Cara pemasangannya boleh bolak balik, misal pin 2, 3 dipasang disebelah kiri dan pin 1, 4 dipasang sebelah kanan atau sebaliknya sama saja.

Misal pin 2, 3 pasang di T20 dan pin 1, 4 pasang di T21, atau pin 2, 3 pasang di T21 dan pin 1, 4 pasang di T20 juga sama.

Gambar berikut dibawah ini merupakan skematiknya yang diambil sebagian hanya untuk menjelaskan lokasi dimana dioda ballance mixer tx ini berada, yaitu tempatnya antara T20 dan T21 maka ada D55 atau D1055 kalau menurut petunjuk pada service manual book nya sama saja. D55 inilah yang kita cari.



Apabila proses diatas sudah selesai, tentunya kondisi radio sudah dikembalikan seperti semula lagi, silahkan tes langsung dan cek power out tx nya.

Semoga hasilnya sudah normal kembali
Selamat mencoba dan semoga berhasil

Mungkin cukup sekian dulu ya..mengenai sharing info dari saya, dengan harapan semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Disclaimer :
Admin Radio tengkorak tidak bertanggung jawab apabila dalam melakukan proses perbaikan/modifikasi ini terjadi kerusakan lainnya yang disebabkan oleh perbaikan/modifikasi yang dilakukan anda sendiri.

Saran : Proses perbaikan/modifikasi ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi radio yang expert dibidangnya dan kalau anda merasa kurang expert silahkan minta bantuan teknisi.

Salam terbaik,
Andi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini