SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Jumat, 22 Juli 2016

MEMPERBAIKI RADIO YAESU FT80C YANG TIDAK BISA TRANSMIT / TIDAK KELUAR POWER OUT TX / NO TX


Artikel tekait :

http://radiotengkorak.blogspot.co.id/2014/10/trimming-yaesu-ft-80c-agar-power-out-tx.html


Hallo rekan2 setia pengunjung blog Radio Tengkorak.....
Semoga kabar baik selalu menyertai anda beserta keluarga dan dengan harapan smoga sukses selalu dalam berkarya dan tetap mencintai hobinya masing2.

Rasanya sudah lama saya nggak menulis artikel untuk sharing informasi mengenai hal2 yang berhubungan dengan hobi kita ini, dikarenakan waktu yang tersedia belakangan ini agak terbatas berbagi dengan waktu untuk kegiatan rutinitas.

Berawal dari banyaknya rekan2 pengunjung blog Radio Tengkorak yang bertanya mengenai bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan radio FT80C yang tidak bisa transmit dalam artian power tx nya tidak keluar atau keluar tapi sangat kecil sekali hanya beberapa miliwatt saja.

Kebetulan saya pernah menangani permasalahan yang sama persis seperti ini, dan oleh sebab itu saya ingin berbagi informasi atau sharing info dengan rekan2 semua pengunjung blog RT ini.

Tidak ada maksud menggurui hanya sekedar sharing info saja semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Karena rasanya sangat bahagia apabila yang saya sharingkan disini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Sebenarnya diantara rekan2 lain juga sudah banyak yang tahu untuk mengatasi permasalahan seperti ini, tapi hanya tidak menuliskan nya saja pada sebuah blog, sehingga infonya tidak sampai pada rekan2 lain yang membutuhkannya.

Mari kita mulai ya...bagi rekan2 yang mempunyai permasalahan tersebut yaitu Radio Yaesu FT80C yang tidak bisa transmit/transmit kecil powernya hanya beberapa milli watt saja.

Singkat cerita nih...2 buah transistor final 2SC3240, 2 buah transistor driver 2SC3133, transistor pre driver 2SC2166 yang ada pada blok PA Unit  sudah dicek dan diukur semua normal termasuk semua pra tegangan untuknya ada masuk.

Juga sudah dipastikan bahwa tidak ada komponen lainnya yang rusak atau hangus terbakar seperti resistor, kapasitor, induktor dll.

Juga transistor tx buffer 2SC2053 yang ada pada pcb Main Unit sudah diukur semua normal termasuk pra tegangan untuknya ada masuk.
Pokoknya sudah dilakukan semuanya tapi masih tetap transmitnya tidak keluar power out tx nya/kecil saja.

Sekarang kemungkinan terbesar kerusakannya pada Dioda Ballance Mixer TX tipe ND487C2-3R.
Lokasi dioda ini ada diantara T20 dan T21, bentuknya bundar warna hitam berkaki 4, pokoknya bentuknya persis sama seperti transistor tipe 3SK741 yang ada di sekelilingnya

Jadi jangan sampai tertukar dan pastikan lihat dengan kaca pembesar ada tertulis tipe pada bodinya kadang tertulis sepotong misal 87C2-3R.




Kalau sudah ketemu tempatnya dioda tersebut dilepas saja, kemudian ganti dengan tipe yang sama.

Untuk menyingkat tulisan disini tidak saya jelaskan bagaimana cara buka baut2 pcb main unitnya FT80C, karena saya yakin rekan2 semua sudah ahlinya.

Tapi permasalahannya lagi nih...cari pengganti dioda tersebut sulit gak ada toko yang jual, kecuali kita mencopotnya/membodol/mengkanibal dari rongsokan radio FT80C yang sudah tidak terpakai lagi atau sudah jadi rongsokan tapi tentunya diodanya harus masih dalam  kondisi baik walaupun hasil dari bodolan.

Nah...sekarang seandainya mau beli dioda ini tidak ada yang jual dan mau membodol dari rongsokan juga tidak ada ?

Solusinya bisa kita atasi dengan cara merakit 4 buah dioda tipe 1N4148 yang dibentuk seperti untuk dioda ballance mixer pada radio bitx persis sama.

Atau untuk lebih jelasnya, silahkan lihat pada gambar dibawah ini,
Pada gambar diatas, yang sebelah kiri merupakan bentuk dioda ballance mixer tipe ND487C2-3R aslinya dan yang sebelah kanan merupakan rangkaian 4 buah dioda sebagai penggantinya atau persamaannya.



Untuk pemasangan 4 buah dioda pengganti bisa dipasang dibagian bawah pcb main unit FT80C seperti pada gambar diatas ataupun dipasang dibagian atas pcb pada tempat aslinya tidak masalah bisa2 saja.

Cara pemasangannya boleh bolak balik, misal pin 2, 3 dipasang disebelah kiri dan pin 1, 4 dipasang sebelah kanan atau sebaliknya sama saja.

Misal pin 2, 3 pasang di T20 dan pin 1, 4 pasang di T21, atau pin 2, 3 pasang di T21 dan pin 1, 4 pasang di T20 juga sama.

Gambar berikut dibawah ini merupakan skematiknya yang diambil sebagian hanya untuk menjelaskan lokasi dimana dioda ballance mixer tx ini berada, yaitu tempatnya antara T20 dan T21 maka ada D55 atau D1055 kalau menurut petunjuk pada service manual book nya sama saja. D55 inilah yang kita cari.



Apabila proses diatas sudah selesai, tentunya kondisi radio sudah dikembalikan seperti semula lagi, silahkan tes langsung dan cek power out tx nya.

Semoga hasilnya sudah normal kembali
Selamat mencoba dan semoga berhasil

Mungkin cukup sekian dulu ya..mengenai sharing info dari saya, dengan harapan semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Disclaimer :
Admin Radio tengkorak tidak bertanggung jawab apabila dalam melakukan proses perbaikan/modifikasi ini terjadi kerusakan lainnya yang disebabkan oleh perbaikan/modifikasi yang dilakukan anda sendiri.

Saran : Proses perbaikan/modifikasi ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi radio yang expert dibidangnya dan kalau anda merasa kurang expert silahkan minta bantuan teknisi.

Salam terbaik,
Andi

39 komentar:

  1. maaf om kasus ya sama tapi kalau punya saya icom ic725 mohon solusinya om?terimakasih

    BalasHapus
  2. Pak andi klu bisa no hp dan wa

    BalasHapus
  3. Maaf ini no hp dan wa sy 085299196111.. Masalahnya sy mau mengirim radio CB SS360FM... Yg pernah pak andi benahi dari om sulwan Dase...

    BalasHapus
  4. Nanya om mengirim tidak bisa namun sebaliknya mendirikan bagus apa kesalahan tersebut mas

    BalasHapus
  5. Yaesu FT 80C transmit AM normal tapi USB dan LSB tidak bisa transmit mohon pencerahannya Mas Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. punyaku juga sm kerusakan y
      am bisa lsb usb gk bisa

      Hapus
  6. colt 320 dx tidak bisa tx tp rx bagus. tolong pencerahannya mas.

    BalasHapus
  7. colt 320 dx tidak bisa tx tp rx bagus. tolong pencerahannya mas.

    BalasHapus
  8. Sammy (memmly@yahoo.co.id)15 Juli 2018 pukul 09.08

    Kalo punya saya Radio Icom 718 kasusnya sama seperti FT80C yg diceritakan diatas gimana solusinya Om Andi ?

    BalasHapus
  9. trimakasih ilmux, sangat bermanfaat sya sdah bsa menggunakn kembali 80C.

    BalasHapus
  10. Mas Punya Saya Yaesu VX-1700.Tidak Bisa Transmit ..TrimAkasih

    BalasHapus
  11. Om, kl kluaran audio di ft 80c kecil padahal volume sdh maksimal, kira2 kenapa ya?. terimakasih

    BalasHapus
  12. Om, Kalau superstar 2000 saya cuma keluar output 8 watt kenapa ya? baik mode am ataupun ssb. terima kasih

    BalasHapus
  13. Saya punya ft 80c juga om...tiba-tiba aja ketika ditransmit angka di layar monitornya hilang kemudian muncul lagi...mohon pencerahan...mksh

    BalasHapus
  14. Ass, om andi, mau tanya om. Ssb yaesu FT80s saya tdk bs rt dan tx. Rx nya hanya kayak hujan dan seperti ad yg cunning, mhn petunjuknya om andi

    BalasHapus
  15. Ass.maaf om andi .saya Nofiar dari Babel. Yaesu Ft 80s saya tdk bs tx, kalau rc hy suara hujan dan srperti ad yg cunning, mhn petunjuknya om andi

    BalasHapus
  16. Om Andi sy punya kenwood ts 430s ,klo di on kan tdk ada suara sama sekali kenapa ya ,klo transmit bisa mohon info tks

    BalasHapus
  17. Maaf om mau bertanya, radio saya kenapa ya om. Pertama waktu mau saya kasih nyala, tombol power nya ada strum setelah saya tekan malah radionya mati total. Kira - kira kenapa ya on??

    BalasHapus
  18. sy punya kasus sprti itu boss di yaesu vertex system 600.kadang kluar power kdg gak.buffer driver final ok,apa balance mixernya jg yg soak ya boss?

    BalasHapus
  19. malam om andi semoga sehat selalu
    mau tanya om...saya punya yaesu ft80c
    udah hidup cuma recivenya kok kecil padahal volume udah pantok...minta solusinya om andi...yang harus saya benahi caranya gimana ya...makasih

    BalasHapus
  20. malam om andi semoga sehat selalu
    mau tanya om andi saya punya yaesu ft80c...recivenya kecil volume udah saya putar sampai mentok..minta solusinya makasih

    BalasHapus
  21. Punyak saya persis seperti kasus di atas cuman sy kurang berani bongkar karna belom ada pengalaman buka radio hf

    BalasHapus
  22. Salam
    Kalo untuk radio micom 3f power tx gak keluar solusinya om?

    BalasHapus
  23. Kasus sama seperti punya ku icom735 dan icom718

    BalasHapus
  24. Om andi kalau waktu transmite yaesu FT-80C bunyi brebet apa permasalahannya tu om?...power supplay 60A,Voltage 13,8VDc..sekian terima kasih..

    BalasHapus
  25. Kipas angin yaesu 80c saya brisik,seperti ada yg yangkut gimana cara betulinya,dan suara speker kdang klo lwan bicara keras agak pecah suaranya tidak bulat,mphon solusinya

    BalasHapus
  26. Om Andy, Yaesu FT-80C saya bisa TX tapi tidak bisa RX, mohon pencerahannya Om Andy.

    BalasHapus
  27. Bang..tolong pencerahan..ic 718 tidak kluar suara..speker nya bagus.cb sentuh di bgian input ic audio kluar dengung..tlg ya bng..085260353168(WA/phone)

    BalasHapus
  28. Om Andi..80 c aku,setelah buat trasmit sekitar 10 menit lo turun powernya ya.Mohon pencerahannaya ya Om..

    BalasHapus
  29. ass mlkm pa ada mohon pencerahan nya ft80 c di 2053 rf gede tp pas masuk penel amper gede tp power ga keluar kecil gi mana yh pa adi

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum Om Andi Salam Sehat Mohon pencerahannya Om Andi radio Yaesu FT-80C sy sulit melakukan transmit terlihat pada jarum indikator lama bergerak ke kanan dan jujur kadang sampai sy pukul pelan terkadang baru bisa transmit atau bergerak jarum indikatornya terima kasih

    BalasHapus
  31. Pada radio BITX, apakah kalau Dioda Balance mixer rusak akan menyebababkan tidak bisa TX & RX, atau tidak bisa TX saja. Radio saya RX normal, gak bisa TX , cek transistor TX tegangan dan transistor normal.Apakah problem nya mungking di Dioda DBM?

    BalasHapus
  32. Servis Radio Yaesu Ft80c Radio Sya Power jarum kaga naik itu apa nya pak

    BalasHapus
  33. Malam M, Andi? Mau tanya tadisudah bisa qso mau makan tak matikan selesai makan tak onke suara gak ada vu hidup apa problrmnya Mas Andi trim Kunvung Jepara trim

    BalasHapus
  34. Yaesu 80 c,ada siara gemerosok klo monitor

    BalasHapus
  35. Selamat pagi om Andi. . . Radio Yaesu 80C saya untuk TX kadang keluar RF kadang menghilang, kadang timbul lagi.
    Bagian komponen mana yg harus diganti om.

    BalasHapus
  36. Sy punya yaesu ft 80c klo PTT ditekan, dilayar muncul Err. Gemana solusinya ?

    BalasHapus
  37. Om saya punya Yaesu system 600 sama permasalahan nya dengan yg di atas

    BalasHapus

Propagasi hari ini