MENU

Senin, 08 April 2013

BROADBAND BALUN UNTUK 6 – 30 MHZ.



Sumber artikel ini saya ambil dari postingannya Om Djoko Haryono di Facebook Group HOME BREW PROJECT ( CB RADIO, ANTENNA, SWR, AUDIO, MICROPHONE, BOOSTER, etc )


Balun ini dipakai untuk menjembatani ( menghubungkan ) antara transmission line yang unbalance ( coax ) 50 ohm yang dihubungkan pada Input , dengan terminal 50 ohm dari balance antenna yang harus dihubungkan ke bagian outputnya.

Selain untuk menghasi
lkan matching yang lebih baik , rangkaian ini juga mampu mengurangi dampak negatip dari line discontinuity yang terjadi.
Bekerja broadband antara 6 s/d 30 MHz dang dipasang langsung pada terminal antenna.

Untuk cakupan frekuensi ( range ) seperti diatas , balun bisa dibuat dari coax 50 ohm ( RG-213/U atau RG-8A/U ) dengan panjang 508,30 cm (16 feet 8 inch) , digulung rapat 9 lilitan dengan “diameter bagian dalam” 17,15 cm ( 6 ¾ inch ).

Lumped constant balun ini akan beresonansi sendiri ( self resonance ) didekat center design frequency , yaitu disekitar 15 MHz.

Salah satu ujung coax ( dalam gambar = ujung paling bawag ) inner & outernya disolder menjadi satu dan dihubungkan ke ground. Dari titik ini juga dipasang kabel jumper penghubung singkat ke outer diujung lainnya ( dalam gambar = paling atas.

Pada ujung “atas” tersebut innernya terhubung ke inner connector coax dan braid/groundnya terbubung ke outer / ground connector yang sama.

Tepat dibagian tengah kumparan , coax diputus dan kedua ujungnya dipisahkan satu sama lain dengan jarak sekitar 2,5 cm ( 1 inch ). Kedua inner dihubungkan , dan lalu disambungkan ke bagian outer/braid dari coax sisi shorted coil.

Pada kedua ujung koneksi dari coax yang ditengah ini bisa dibuatkan semacam bracket kecil dengan 2 bh “lidah” yang low impedance ( misalnya dari 2 strip tembaga lebar 6 mm ). Kesinilah feed point antenna terhubung nantinya.

Bagian braid/outer dari sisi input coil menjadi koneksi yang lain/kedua seperti terlihat pada gambar.

Ke tengah2 kumparan inilah terminal balance dari antenna harus dihubungkan. Bagian ujung2 coax dimana terletak sambungan2 itu harus ditutup/dibelit rapat dengan Vynil Tape lalu disemprot dengan aerosol plastic spray agar tahan cuaca.

Selain model diatas , kita juga bisa menggunakan balun 50 ohm 1 : 1 model lainnya.

Djoko H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar