MENU

Senin, 08 April 2013

SISKOMRAD UNTUK MENINGKATKAN SAFETY PADA KEGIATAN CAVING / SPELEOLOGI.



Sumber artikel ini saya ambil dari postingannya Om Djoko Haryono di Facebook Group HOME BREW PROJECT ( CB RADIO, ANTENNA, SWR, AUDIO, MICROPHONE, BOOSTER, etc )


Silahkan abaikan postingan saya kemarin yang isinya seputar vhf radio untuk membangun komunikasi antar “tim permukaan” dengan “tim caver” yang sedang berada dibawah tanah , karena kali ini saya ingin menggantikannya dengan informasi lanjutan ( pengganti ) yang lebih baik.

Meski saya sendiri bukan anggota organisasi speleologi ( bahkan bukan seorang caver )saya tetap ingin men-sharing-kan info ini karena saya pencinta ( masalah2 ) SAFETY, bukan hanya bagi safety dilingkungan pabrik atau industry yang sering saya hadapi , namun juga safety disegala bidang selalu menarik perhatian saya ( safety di jalan raya , safety pada kegiatan outdoor dsb ).

Meski info yang saya berikan ini hanya “seujung kuku” ( sedikit ) , namun saya harap bisa menjadi titik start bagi para speleolog ( speologist ) Indonesia ( yang saat ini masih berduka karena tewasnya beberapa anggota mereka dalam musibah datangnya “banjir” dalam goa bawah tanah yang mereka telusuri ) untuk melangkah menuju “memiliki peralatan komunikasi radio yang mampu menembus lingkungan expedisi mereka yang penuh penghalang / barrier” tsb.

Dan semoga itu bisa semakin meningkatkan standard SAFETY mereka dimasa depan.

Saya tidak akan menguraikan panjang lebar tentang detil dari informasi yang ingin saya sumbangkan , karena saya lebih mengharap rekan2 caver Indonesia ( dan rekan2 HIKESPI tercinta ) bisa membacanya sendiri secara lengkap.

Bantuan saya hanya sekedar menunjukkkan link internet ( situs / website ) nya saja. Dengan mempersilahkan untuk mempelajarinya sendiri itu akan meminimalisir kemungkinan saya menjelaskan secara kurang lengkap ( atau salah menterjemahkan atau slah meng-interpretasikan apa yang dimaksudkan oleh penulis asli referensi2 / artikel tersebut.

Saya hanya ingin memberikan ringkasan dari fungsi dan “strata” dari link2 tsb. sbb. :

1. Jika para caver ( atau HIKESPI ) –misalnya- memiliki salah seorang anggotanya yang punya hobby berkutat dengan rangkaian2 electronic , maka mereka bisa memulai membuat Sistem Komunikasi Radio ( Siskomrad ) untuk “menembus kedalaman tanah” itu dengan membuat sendiri radio komunikasi 2 arah buatan sendiri ( home brew ) seperti yang dibuat oleh seorang amatir radio yang kebetulan juga seorang caver.

Silahkan membaca link berikut ini :

http://ke7hr.com/caveradio/HFunderground.pdf dan atau

http://ke7hr.com/caveradio/
( Keterangan : KE7HR adalah callsign dari ham ( amatir radio ) / caver yang merancang rangkaian tsb. ).

Link-link lain yang bisa di klik antara lain:

http://caves.org.uk/radio/comms_in_caves.html

http://www.scavalon.be/avalonuk/technical/radio1.htm

http://naylorgr.perso.cegetel.net/cave_radio/

http://www.scavalon.be/index.htm

Dari link-link diatas teman2 akan bisa mempelajari tentang beberapa jenis CAVING RADIO ( CAVE RADIO ) baik itu yang disebut NICOLA SYSTEM , John Hey Phone , 87 kHz SSB ( 10 watt ) dsb.

Kalau yang ingin dipelajari adalah OGOPHONE atau MOLEPHONE ( jenis cave radio conventional / lama ) tentu perlu searching sendiri lebih jauh.

Untuk sementara baru ini yang bisa saya sumbangkan bagi teman2 caver Indonesia.
( perlu diketahui bahwa dipasaran ada radio komunikasi yang khusus untuk mendukung kegiatan caving / speleologi. Beberapa merk Cave radio atau “Nikola System” bisa dipesan / dibeli dari pasar internasional ).

SAFETY FIRST. HOPE 4 THE BEST , BE PREPARED 4 THE WORST.

Surabaya 22.03.2013
Djoko Haryono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar