SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Minggu, 08 April 2012

OPERATOR RADIO HARUS TAHU CARANYA MENGARAHKAN ANTENNA



Sumber artikel ini saya ambil dari postingannya Om Djoko Haryono di Facebook Group HOME BREW PROJECT ( CB RADIO, ANTENNA, SWR, AUDIO, MICROPHONE, BOOSTER, etc )


Ya kalau mencari arahnya pakai cara gampangan ( guyonan ) pastilah malah makin besar kesalahannya. Melesetnya. Apa yg saya tulis itu serius lho. Nggak mudah lho mencari arah jarak jauh antar benua itu , meskipun itupun masih termasuk teknik bernavigasi yang termasuk "mudah" ( kalau kita sudah menguasai caranya ). Ilmu navigasi itu luas lho. Yg kita bahas ini meski termasuk mulai sulit , tapi masih termasuk mudah karena kita masih punya mata angin Utara Selatan Barat Timur dsb. Tapi kalau bernavigasi disekitar Kutub ( Kutub Utara maupun Selatan ) malah makin berat lagi ilmunya. Dikutub Utara itu nggak ada arah Barat , Timur dan Utara. Kemanapun anda berbelok dan berjalan , akan disebut bahwa anda sedang pergi kearah Selatan.Ada teknik navigasi sendiri disana ( disebut sistem UPS ). Dan paling sulit adalah bernavigasi di ruang angkasa ( perjalanan astronout ke bulan dsb ). Diruang nagkasa malah nggak ada lagi istilah Timur Barat Selatan Utara. Setiap seseorang pergi keruang angkasa, maka istilah2 itu ( mata angin ) harus ditinggalkan dibumi. Ia hars mencari arah dengan teknik navigasi tata surya yg rumitnya bukan main ( tapi bagi yg sudah ngerti ya jadi mudah. Itu sudah hukum alam ). RALAT : Tadi saya keliru mengetikkan kata ..... Trinonometry..... Itu salah ketik. Seharusnya saya tulis .... TRIGONOMETRY. ... Maaf untuk kesalahan itu.

Teknik mengarahkan antenna seperti yg ( kebanyakan ) kita lakukan sehari hari itu ( menarik garis lurus / Loxodrome berdasar peta ) hanya cocok untu jarak dekat saja , katakanlah antar pulau di Indonesia saja. Kalau untuk jarak jauh , cara itu harus kita inggalkan dan kita harus menggunakan perhitungan Great Circle Path sebelum memutuskan kemana arah yang benar dari antenna kita.

1 komentar:

  1. gantung nih kang. Terus caraya gimana donk? Hahaha

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini