SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Minggu, 22 Juli 2012

ANTENNA MULTIBAND G5RV




Sumber artikel ini saya ambil dari postingannya Om Djoko Haryono di Facebook Group HOME BREW PROJECT ( CB RADIO, ANTENNA, SWR, AUDIO, MICROPHONE, BOOSTER, etc )


ANTENNA MULTIBAND G5RV YG TERKENAL INI JUGA SERING DIPOLENYA DIBUAT DARI BAHAN PITA KANDANG KUDA.

Siapa yang nggak kenal antenna multiband G5RV ( Callsign seorang amatir radio Inggris ) ? Antenna G5RV -ada beberapa versi dan atau modifikasi- sudah saya kenal sejak tahun 1970 an dan masih tetap populer sampai sekarang.

Antenna ini selain sering dibangun dari peralatan antenna , juga sering dibuat oleh para ham dengan menggunakan bahan pita kandang kuda.

Karena antenna multiband ini juga bisa bekerja di band 10 meter ( yg dekat dgn band 11 meter ) , saya yakin kita tinggal memodifikasi / memendekkan sedikit panjangnya jika ingin menggunakannya untuk band CB 11 meter ( atau cara lain , bikin aja antenna dipole mono band 11 meter dari Horse Fence Belt ).








HORSE FENCE ANTENNA

Contoh dari gulungan dipole antenna yang dibuat dari pagar kandang kuda> Bisa digulung rapi.

Tapi saya belum pernah pemilik kuda di Indonesia bikin "ranch"/ peternakan kuda yg menggunakan pagar memakai pita semacam ini. Kayaknya ( = mungkin ) belum ada di Indonesia.




Ini adalah contoh salah satu merk dan model anyaman sabuk pagar lokasi "kandang" kuda ( ada sejumlah merk dan juga model/ukuran sabuk / pita ). Yang tampak disebelah kiri itu adalah bagian salah satu ujung sabuk yg sudah dipasangi klem oleh seorang amatir radio untuk dijadikan dipole antenna HF.

Tapi foto ini adalah topiknya seorang ham/amatir radio yg baru pertama kali memakai horse fence untuk antenna. Dia sudah memilih jenis klem seperti digambar , dan juga memilih sendiri jenis "klem tengah dipole"/ terminal yg akan terhubung ke coax, yg tampak disampingnya. Cuman dia bingung bagaimana cara menghubungkan terminal tengah tsb ke dipolenya.

Pada kasus ini , si amatir kurang tepat memilih kombinasi klem dan terminal tengah tsb. ( catatan : Di pasar Amerika ada banyak jenis pilihan isolator , klem , terminal dsb ). Karena bingung , dia memuat fotonya lalu bertanya ke publik / teman2nya "kalau sudah gini , lalu bagaimana cara nyambungnya ?".




Lihat bagian anyaman sabuknya. Disitu terlihat 2 strip2 hitam dikiri kanan ( tepian ) sabuk. Itu adalah bagian kawat penghantar telanjang yg bisa dialiri listrik untuk menjaga kuda2 dalam pagar agar tidak berani main2 dengan pagar yg ada. 

Nah karena Sabuk pagar kandang kuda itu ada konduktornya , ia adalah bahan yg sangat bagus & praktis untuk dipakai jadi antena , terutama karena memiliki kekuatan tarik yg tinggi dan mudah digulung rapi jika ingin dibawa pergi atau untuk field day / kegiatan lapangan.

1 komentar:

  1. Kang Andy,
    G5RV ini dipole nya sangat panjang. saya ingin memasang antena ini di belakang rumah dengan lahan sempit.
    untuk menyesuaikan dengan lahan yang ada,
    kira-kira, bagaimana bila dipolenya dipasang "L" inverted , atau "V" inverted ?

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini