SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Sabtu, 18 Agustus 2012

PLL UNTUK 11 MHz DENGAN TC9122



Untuk proyek homebrew kali ini saya buat rangkaian PLL untuk 11Mc, maksudnya untuk di frekwensi 11.415Mc dan sekitarnya ( red ).

Seperti terlihat pada gambar diatas, saya merakit PLL ini menjadi dua bagian. Bagian yang sebelah kiri pada gambar adalah VCO dan X'tal Oscilator untuk prescalernya.
Kemudian bagian yang sebelah kanan pada gambar adalah PLL nya sendiri, dengan tujuan kenapa saya pisah menjadi dua bagian perakitannya adalah agar mudah saya pindah untuk keperluan di frekwensi lain, jadi saya tinggal membuat bagian VCO nya saja kalau perlu untuk frekwensi lain seperti untuk bekerja di VHF/FM dll.

Karena terburu-buru ingin segera rampung proyek ini, jadi saya rakit seadanya diatas pcb lubang saja, biar cepat selesai maksudnya hehehe...tapi hasilnya sangat memuaskan.

Untuk skematik PLL dengan TC9122 seperti dibawah ini.




Mungkin skematik diatas kurang begitu jelas, coba dengan skematik di bawah ini dari Pak Yoke YC3LVX




Dengan sedikit modifikasi atau dengan cara mengganti frekwensi vco dan xtal pada prescalernya, pll ini bisa saya kerjakan untuk di 11Mc.

Untuk bisa bekerja di 11Mc dengan frekwensi IF 10.7Mc seperti pada radio Yaesu FT180A, maka frekwensi VCO nya harus bekerja pada 21.700Mc - 22.699Mc

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk tipe IC PLL TC9122, hanya bisa membagi frekwensi dari 0 sampai 3999Mc saja. Maka kita perlukan tambahan rangkaian prescaler atau down converter untuk menurunkan frekwensi VCO sebelum dimasukkan ke IC pembagi TC9122.

Kebetulan pada rangkaian ini  menggunakan IC TA7310 untuk vco yang sekaligus berfungsi sebagai mixer untuk prescalernya.
Jadi untuk frekwensi out dari prescaler yang dibangkitkan oleh sebuah oscilator xtal dengan transistor C1815 tinggal dimasukkan pada IC TA7310 pin no. 4.

Frekwensi out mixer pada IC TA7310 yang sudah diturunkan dengan rumus Frekwensi VCO - Frekwensi X'tal Oscilator keluar dari pin no. 9 dan selanjutnya dimasukkan ke IC PLL TC9122 pin no. 2 untuk selanjutnya akan dibagi frekwensinya.

Untuk bisa bekerja di 11Mc dengan rangkaian PLL ini, maka kita harus desain frekwensi VCO nya biar bisa bekerja pada 21.700Mc - 22.699Mc. Kemudian frekwensi xtal oscilator untuk prescaler harus dipilih pada 20.700Mc biar  penunjukan angka pada thumbweel langsung bisa dibaca sesuai dengan frekwensi kerjanya.
Frekwensi VCO dari 21.700 - 22.699Mc dicampur dengan frekwensi X'tal Oscilator 20.700Mc, maka hasil selisih frekwensinya 1 - 2Mc.

Out selisih frekwensi 1 - 2Mc keluar dari pin no. 9 yang kemudian dimasukkan ke pin no. 2 dari IC TC9122 untuk selanjutnya dibagi frekwensinya dengan faktor pembagi sesuai dengan program yang kita masukkan.

Pemrograman TC9122 dilakukan Binary Coded Decimal (BCD) ialah bilangan decimal yang setiap angkanya diwakili oleh 4 digit binary.
Pemasukan angka satuan dilakukan dengan manual sedangkan angka ribuan (Mc) dimasukkan secara tetap ialah dengan menghubungkan langsung pin no.15 dengan + 5Volts.
Saya menggunakan thumbweel 3 digit untuk pemasukan programnya dengan jangkah frekwensi 1Kc didapat dari pin no. 12 dari IC CD4017 sesuai dengan skematik diatas.

Contoh : Jadi kalau saya putar angka pada thumbweel 415 maka ini langsung terbaca frekwensi kerjanya di 11.415Mc dst.

Untuk teori secara mendetail tentang pll ini tidak saya kupas lengkap disini, karena sudah banyak dimuat  pada beberapa blog atau website lainnya. Disini saya hanya menjelaskan secara singkat saja yang ada kaitannya dengan proyek homebrew saya mengenai PLL untuk 11Mc dengan menggunakan IC PLL TC9122.

Happy homebrewing and wish you good luck.

21 komentar:

  1. salam kenal
    saya punya ft 189abekerja di freq 405sampai di 430karena radio chanel,mas bisa bantu membuatkan pll yg bisa bekerja pada freq 11mc saja dari 11.000.00 s/d12.000.00
    kalau bisa bisa di emailkan ke tah_yk@yahoo,com

    terima kasih
    taufiq a hidayat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Taufik Hidayat,
      Salam kenal kembali dari saya Andi dan terimakasih atas kunjungannya di blog RT.

      Baik om...kedepannya apabila semuanya sudah siap akan saya hubungi lagi via email.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. ya terima kasih mas andi sudah merespon permintaan saya,bener saya tunggu informasi berikutnya

      terima kasih
      taufiq a hidayat

      Hapus
  2. nama pasaran buat switch biner kaya pipilan dial ICOM 2N itu apa ya Om ?? punya saya rangkaian PLL dah siap cuma kurang switch biner itu, malah berhenti jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Bobby,
      Sebelumnya terimaksih dulu yah...atas kunjungannya di blog RT.
      Untuk nama dial Icom IC2N itu adalah Thumb Wheel.
      Kalau tidak ada Thumb Wheel bisa diganti dg deep switch/micro switch, cuma memang agak sedikit report kalau sering pindah2 frekwensi.

      Hapus
  3. Met malem Kang Andi,...
    saya mohon info tentang modifikasi IC PLL 02A superstar 2200 supaya bisa main di di frekwensi 27.500 Mhz dan Channel tersembunyi,...
    jalur ke kaki IC PLL yg harus di cut dan di konek di mana saja,..
    Trims,...

    BalasHapus
  4. Hallo mbah Ragil,
    Biar bisa bekerja di 27.500MHz, tetap pada ch 8 Band D tapi Coarse mya putar ke kiri sampai habis/mentok, kalau sedikit kurang zerobeat putar Fine sedikit sampai tepat/pas.
    Tapi lebih baik clarifier/fine dimodif dulu supaya antara rx dan tx sinkron posisi finenya pada Superstar 2000, 2200, 2400.
    Supaya cara diatas bekerja dg baik harus dilakukan modif untuk clarifiernya/fine

    Untuk mendapatkan channel diluar channel standard SS2200 dg cara modif/menjumper pin dari IC PLL02 mudah2an pada kesempatan berikutnya akan saya postingkan juga artikelnya

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  5. Oke,.. terima kasih Pak Andi,. buat infonya,.

    sya tunggu postingannya tentang jumper IC PLL02

    Salam,..

    BalasHapus
  6. IC TA dan TCnya mdh didpt dipsaran tdk? di Glodok ada gk?

    BalasHapus
  7. Hallo Om Purnomo,
    Untuk ic pada rangkain diatas masih ada dikual kok...om...walaupun tdk di setiap toko elektronik ada

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  8. Salam mas Andi.saya ilham di Jember, msh aktif ada di 2m band, lama pingin komunikasi di 11m band. sayang pada pesawat saya IC.PLL nya pecah.mhn info mungkin pernah punya pengalaman pd pesawat merk LANCER kode IC-PLL nya apa, sebab hanya tertulis PLL.trims blsan nya

    BalasHapus
  9. Salam kembali mas Ilham,

    Terimakasih dulu nih...atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

    Saya sudah mencoba utk browsing di internet ini mencari data mengenai radio cb merk LANCER, tapi kok...belum menemukannya juga, malahan yg banyak ditemui mobil Lancer hehehe...

    Mas Ilham bisa nggak...tolong lihat nomor pcbnya.
    Kalau nomor pcbnya diketahui, siapa tahu ada kesamaan dg radio cb merk lainnya seperti Superstar, colt, lafayette, hy gain, midland dll, sehingga tipe ic pllnya bisa diketahui juga.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  10. Hallo Om Yoke,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT dan skema pll dg tc9122 om Yoke juga saya postingkan disini.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  11. OM YOKE, KALAU UPAHKAN BIKIN PLL NYA BERAPA DOKU, FREQ 11 MHZ - 15 MHZ, MKSH OM, RACHMAN MEDAN 081262195228,....

    BalasHapus
  12. Met malam Om Andi..
    salam kenal ya..
    Saya mempunyai radio fm rakitn,
    Katanya bisa di control ddengan PLL,
    bisa gak om, PLL ini untu mengcontrol receiver FM saya,,
    dan gimana caranya,
    Mohon penjelasanya.
    Gambar receiver seperti ini,
    http://elektronickits.blogspot.com/2011_01_01_archive.html
    Terimakasih,

    BalasHapus
  13. Hallo mas Mujiono,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ya...
    Jawabannya bisa mas, tapi saya tidak banyak terjun di bidang pemancar ataupun penerima fm, tapi yang jelas bisa dan sudah banyak rekan2 yang hobi di bidang fm memakai pll dg ic TC9122 ini.

    Mungkin mas Mujiono bisa mengunjungi blog rekan2 yang khusus membahas tentang transmitter dan receiver fm atau fm broadcast biar lebih jelas atau saya bisa menjelaskannya pada kesempatan yg berikutnya.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  14. Oke terimakasih mas Andi atas jawabanya..
    mudah2n mas Andi bisa membahasnya di lain waktu,
    saya tunggu artikel berikutnya.

    BalasHapus
  15. Oke sama2 terimakasih mas Mujiono dan tetap berkarya ya...smoga sukses.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  16. Selamat malam mas,saya noe,,
    saya mau tanya. Jika saya ingin membuat PLL untuk keluaran sebesar 70 Mhz, kalo referensi dari PLL yg mas buat, apa yg harus saya ubah ya?? Dari VCO nya kah/Oscillator referensi nya??
    terimakasih

    BalasHapus
  17. Hallo Pak Noe,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini ya...

    Iya pak Noe yang jelas yang harus dirubah frekwensi vco nya dan juga oscilator referensinya untuk jangkah yang diinginkan

    Untuk lebih detail silahkan di browsing banyak blog/website rekan2 yang mengetengahkan artikel tentang pemancar fm atau diketikkan saja kata sbb : pll tc9122 untuk pemancar fm di search engine nya google dan untuk memudahkan pencarian skematiknya pilih image atau pencarian dengan gambar dan sudah pasti banyak keluar berbagai macam skematiknya.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini