SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Kamis, 27 September 2012

BOOSTER 27 MHz SINGLE TRANSISTOR



Skematik Booster 27MHz Single Transistor diatas menggunakan jenis transistor penguat daya rf dengan tipe C2290 atau MRF454.

Walaupun keberadaan transistor jenis ini sudah mulai langka dan kalaupun ada harganya cukup lumayan mahal, namun ada beberapa rekan cb'er/homebrewer yang meminta saya untuk mempostingkan juga skematik booster ini.

Terutama bagi rekan2 cb'er/homebrewer yang tidak mau ribet dalam merakit sebuah booster untuk 27MHz tanpa harus membuat lilitan trafo balun seperti bifilar atau trifilar, mungkin skematik booster diatas lebih cocok terutama bagi pemula yang ingin mencoba merakit sebuah booster.

Atau pilihan lain booster 27MHz yang menggunakan jenis transistor mosfet tipe IRF540 yang skematiknya sudah saya posting di blog ini sebelumnya dengan daya output 60 watts yang kurang lebih sama dengan booster diatas.

Silahkan pilihan ada pada anda.

Happy homebrewing and wish you good luck

2 komentar:

  1. mas andi.... saya masih kesulitan buatnya..... AIS dari pinggiran Medan

    BalasHapus
  2. Hallo Om Edi, terimakasih komentarnya dan kunjungannya di blog RT. Mungkin saya bisa bantu untuk kesulitan dalam merakit booster ini. Kalau belum berhasil mungkin di input booster belum beresonansi freknya dg frek dari radio cb 27Mhz.
    Pakai uk 150pF utk kapasitor trimer di input dan output booster, lilitannya sesuai seperti di keterangannya. Tandanya booster ini bekerja, harus ada perubahan pada out power booster pada waktu kapasitor trimer di input dan output diputar. Kalau tdk ada perubahan seperti yg saya jelaskan, kemungkinan belum beresonansi antara input booster dg frek radio cb 27MHz. Coba ulang dicheck nilai kapasitor trimer di input booster atau dirubah nilainya dibesarkan dicoba dg 200-300pf atau bisa juga dg mengurangi atau menambah lilitannya sedikit sampai mencapai resonan.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini