SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Minggu, 14 Oktober 2012

HAL SEPELE YANG BERAKIBAT FATAL PADA RADIO YAESU FT80C

Lokasi batere bios radio Yaesu FT80C. Berikan isolasi pada batere ini sebelum anda melakukan modif dalam radio ini

Ini sedikit merupakan tips dari saya yang mungkin anda lupa atau tidak ngeh...pada waktu anda ngoprek/modif radio sejuta umat Yaesu FT 80C.

Hal2 yang sepele mungkin akan mengakibatkan fatal seperti yang terjadi pada teman saya.
Kejadiannya pada beberapa waktu lampau sewaktu teman saya ini sedang mengoprek/modif radio Yaesu FT80C.

Setelah membuka cover bagian atas radio dan tengah asik mengedjust VR pada main board radio, tiba2 obeng yang dipegang terjatuh dan mengenai batere memori/bios IC yang nempel pada bagian cover depan radio sebelah dalam, dan apa yang terjadi ?

Display radio tiba2 menjadi mati tidak kelihatan/muncul lagi angka2 display frekwensinya.
Dalam artian orang bilang ic cpu sebagai jantungnya radio Yaesu FT80C ini sudah tewas secara mengenaskan akibat hal sepele yang mungkin kita tidak menyadari/ngeh...bisa berakibat fatal pada radio ini.

Apakah tipsnya ?
Bagi anda yang seneng ngoprek radio ini dan setelah anda membuka cover atas radio, jangan lupa terlebih dahulu anda isolasi dulu batere nya. agar terhindar dari terjadinya konslet akibat mungkin kejatuhan alat2 anda seperti obeng atau mungkin potongan kawat.

Happy homebrewing

23 komentar:

  1. tks tips nya om Andi....
    de Grandong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Indra Grandong, sama2 terimakasih juga atas kunjungannya di blog RT

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  2. yudha padalarang15 Oktober 2012 22.44

    hati hati om..Ic rotari devider nya di bandung nyampe 375ribu...itupun inden...tanks Tips nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo om yudha, terimakasih juga infonya dan kunjungannya di blog RT.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. Beli icnya di toko apa om di bandungnya

      Hapus
    3. Beli icnya di toko apa om di bandungnya

      Hapus
  3. saya punya yaesu awalnya mati LCD nya saja bisa hidup, tapi kemudian mati total..apa yang harus dilakukan supaya bisa kembali normal dan hidup kembali.. dari FIAN MATARAM lombok

    BalasHapus
  4. Hallo Pak Nizar,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini ya...

    Coba cek dulu 2 buah ic regulator yang nempel atau dibautkan pada body power rf linearnya apakah dalam keadaan baik bisa mengeluarkan tegangan sesuai tipenya.
    Misal 7805 keluar tegangnnya 5 volts yang berfungsi untuk memberikan tegangan pada unit yang nempel di cover depan

    Salm terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  5. Mas andi saya mau tanya kalau yaesu 80c powernya menggunakan aki 100a 12v bagai mana bisa aja kah? mas andi apa kah berpengaruh di watt nya?

    BalasHapus
  6. Hallo Mas Davin Emmo,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini ya...

    Tentunya sangat bisa sekali mas untuk radio Yaesu FT80C, sebagai tegangannya/catu dayanya menggunakan accu 12V/100A ataupun 12V/80A lebih dari cukup mas.

    Karena konsumsi arus rata2 radio allband seperti ft80c yang punya standard power out tx/ daya pancarnya sekitar 100W hanya memerlukan arus maksimal 20A, jadi pakai power supply yang 30A pun cukup memadai apalagi ini 100A, jadi punya spare arusnya masih cukup banyak.

    Untuk tegangannya 12V tidak jadi masalah mas, meskipun tertulis dari pabriknya 13.8V, jadi sebenarnya untuk semua jenis radio bisa memakai tegangan 12 - 13,8V.

    Toh...semua radio tsb, selain dipake di base station juga bisa dipakai di mobil dengan tegangan 12V.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  7. Om andi, saya punya yaesu 80c , klo radio di matikan dan di hidupkan kembali freq nya balik ke 7.000, dan memory hilang semua, kira 2 masalah nya dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Hery,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Itu masalahnya dikarenakan batere backup memory/bios nya sudah tidak bisa menyimpan tegangan lagi, jadi perlu diganti.

      Untuk bentuk dan posisi baterenya bisa dilihat pada gambar di artikel diatas.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  8. Om Andi, sy punya ft 757gx, gak sengaja pencet mic, namun sblmnya saklar antena tuner sy pindah hal mana ndak ada antenanya. Pencet mic kali ke tiga, langsung radio tewas alias mati total ndak mau idup. Kira" apanya ya om? Ngeri juga nih. Dan kira" di dalem radio tsb ada gak ya semacem sekering proteksinya...suwun om Andi...salam

    BalasHapus
  9. Om Andi, sy punya ft 757gx, gak sengaja pencet mic, namun sblmnya saklar antena tuner sy pindah hal mana ndak ada antenanya. Pencet mic kali ke tiga, langsung radio tewas alias mati total ndak mau idup. Kira" apanya ya om? Ngeri juga nih. Dan kira" di dalem radio tsb ada gak ya semacem sekering proteksinya...suwun om Andi...salam

    BalasHapus
  10. Mas andi 80c saya rx normal Tx bermasalah ndk mau keluar watt tapi jarum bergerak sedikittt saja saya pake lokal jarak 400mtr masih bisa di dengar mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mas Davin Emmo,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ya...

      Coba cek transistor pre driver C2053 dulu mas dan tes keluarannya pada soket yg menuju ke blok linear. atau cara sederhana cara tes keluar rf apa nggaknya dari bagian pre driver ini dg cara menempelkean kael colokan warna hitam avo meter/pada skala AC Volt ke soket out pre driver/kabel yg menuju ke blok linear dicabut dulu tentunya. Kabel colokan avo meter yg warna merah dibiarkan saja gak dipakai.
      Terus coba transmit pada mode am atau cw ada gerakan jarum avo meter gak ? Dan coba juga dg mode lsb/usb, bicara di microphone harus ada gerakan jarum avo meter setiap bicara, kalau gak ada berartikalau transistor pre driver C2053 dalam kondisi bagus dan dicek utk tegangnnya normal/masuk pada transistor tsb, kemungkinan besar kerusakannya pada dioda ballance D55 tipe ND487C2-3R yang bentuknya mirip seperti transistor 3SK74L.
      Coba ganti dioda tersebut dan kalau sukar mendapatkan penggantinya dipasaran, bisa diganti dg 4 buah dioda 1N4148 yang dibuat rangkaian dioda ballance mixer seperti pada radio bitx.
      Selamat mencoba dan semoga sukses.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  11. saya punya 80C tetapi ketika saya hidupkan LCDnya tidak nampak angkanya, bagaimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas...(JZ13PGM),

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Kalau sudah dicek tegangannya ada masuk ke bagian panel depan dan lcd (tdk saya jelaskan detail), tapi pada lcd tidak ada tampilan angka2 frekwensi cuma ada satu titik saja, kemungkinan besar ic memory/bios yang bentuknya segi empat banyak kakinya nempel di balik panel depan radio dalam kondisi rusak harus diganti.
      Tapi memang utk mendapatkan pengganti ic tersebut sukar didapat harus nyari dari kanibalan ft80c lagi yg masih baik kondisinya.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  12. Salam kenal pak, saya ardian. Pingin kenal dan menyimak untuk belajar. Terima kasih

    BalasHapus
  13. Hallo mas Ardian,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini, dan salam kenal kembali dari saya, juga senang kalau artikel2 di blog ini bisa berguna.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  14. Mas Andi, Ngerepotin nih mau nanya juga kalo 80c di hidupkan lampu on air hidup terus, ga bisa tx rx. Fungsi yg lain normal. Jadi ga bisa di gunakan. Kira2 harus cek bagian mana ya mas. Blok depan kalo saya pindah radio lain yg normal, tetep sama jadi on air nyala terus, padahal sebelum diganti normal.
    Maksih mas atas perhatiannya.

    Salam
    Dito

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mas Dito,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Coba cek posisi saklar MOX tertekan tidak atau mungkin saklar MOX nya rusak jadi seolah-olah saklar ini dalam posisi tertekan terus karena kondisi saklarnya rusak.

      Jadi kalau saklar MOX seperti dalam posisi ditekan maka kondisi radio pada posisi tx terus dan tidak bisa rx karena saklar MOX adalah saklar pengganti mic PTT.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini