SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Minggu, 14 Oktober 2012

KABEL UTP UNTUK LILITAN TRAFO BALUN

Kabel UTP merk Belden tipe Category 6 ( Cat 6 ), 24 AWG = 0.5 mm

Pada gambar diatas adalah seutas kabel UTP tipe Category 6 dari produknya Belden.
Kabel UTP ini biasa dipakai untuk koneksi jaringan internet, sistim LAN dll.
Pada bodi kabel ini tertulis juga ukurannya 24 AWG berarti diameternya sekitar 0.5 mm.

Adapun manfaat kabel tersebut untuk kita sebagai homebrewer adalah kabel ini bisa digunakan untuk keperluan lilit-melilit trafo balun pada toroid yang biasa digunakan pada rangkaian hf booster.

Kebanyakan lilitan2 untuk trafo balun pada rangkaian booster memerlukan kawat berdiameter antara 0.4 - 0.5 mm. Jadi rasanya pas alau kita gunakan saja kabel ini untuk keperluan tsb.


Contoh lilitan balun  4 : 1 yang menggunakan kabel UTP Belden Cat 6 yang saya gunakan untuk merakit Booster Mosfet

Keuntungannya menggunakan kabel yg terbungkus dibandingkan dengan menggunakan kawat email adalah tidak mudah lecet sewaktu dililitkan pada toroid, terutama toroid jenis hidung babi atau binoculer yang biasanya kalau kita tidak berhati-hati sewaktu melilitkan  kawat, maka kawat emailnya akan terkelupas/luka  oleh pinggiran ferit toroid yang akan menimbulkan short antar lilitannya.

Jadi kalau kita menggunakan kabel ini dapat dililitkan langsung pada ferit toroid tanpa harus menambahkan isolasi terlebih dulu pada lubang feritnya.

Ini merupakan salah satu ide dari saya saja yang mudah2an berguna dan selain menggunakan kabel UTP ini, kabel lainnya seperti kabel telp juga bisa digunakan.

Tergantung ukuran kawat yang diperlukan untuk keperluan membuat trafo balun. Untuk kabel telp, mungkin ukurannya agak sedikit besar dari kabel UTP sekitar 0.6 mm.
Kalau memang pas dengan ukuran kawat/kabel yang kita cari kenapa tidak dipergunakan saja kedua kabel diatas.

Bahkan kabel UTP ini sangat cocok juga untuk membuat lilitan bifilar dan trifilar karena setiap pair kabel ini aslinya sudah dipilin, tinggal kita menambahkan satu utas kabel lagi untuk membuat lilitan trifilar.

Untuk membuat lilitan bifilar tinggal ambil langsung saja salah satu pair dari kabel UTP ini yang sudah terpilin dan langsung bisa dililitkan pada ferit toroid tanpa harus memilinnya terlebih dahulu.

Silahkan pilihan ada pada anda.

Happy homebrewing

2 komentar:

  1. mohon informasi untuk toroid binocular/hidung babi belinya dimana ya ? trims

    BalasHapus
  2. Hallo Mas Zulhanif,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ya,,,

    Untuk Toroid binocular/hidung babi biasanya saya dapat dari kanibalan radio2 hf yg sudah nggak terpakai lagi atau dari antena TV indoor biasanya ada toroid hidung babinya.

    Kalau nggak ada toroid binocular pakai toroid cincin/ring juga bisa mas

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini