SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Jumat, 05 Oktober 2012

MODIFIKASI RADIO YAESU FT80C

Hallo rekan2 sehoby, untuk bahasan tentang modifikasi radio kali ini saya akan mensharing sedikit pengetahuan bagaimana cara memodifikasi radio Yaesu FT80C.

Ya...anda benar untuk memodifikasi supaya band nya menjadi General Coverage, artikelnya sudah banyak dikupas di beberapa blog. Jadi saya tidak perlu lagi membahas tentang modifikasinya seperti itu disini :-)

Yang akan saya bahas sekarang adalah cara modifikasi Potensiometer DRIVE supaya berfungsi juga di mode SSB baik USB maupun LSB.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk radio Yaesu FT80C ini, Potensiometer DRIVE letaknya menjadi satu dengan Potensiometer Mic, atau dua buah potensiometer yang digabungkan menjadi satu poros.

Poros yang  luar berfungsi untuk mengatur besar kecilnya Mic Gain ditandai dengan tulisan MIC dan poros yang dalam berfungsi untuk mengatur besar kecilnya RF Power Output TX atau besar kecilnya daya pancar dan ditandai dengan tulisan DRIVE.

Namun defaultnya/setelan asli dari pabrik, DRIVE ini hanya berfungsi pada mode AM saja, sedangkan pada mode SSB atau USB/LSB tidak berfungsi.
Jadi powernya tetap saja keluar full walaupun Potensiometer Drive diputar kekanan maupun kekiri.

Terkadang kita ingin mengecilkan juga output power tx nya untuk keperluan QRP atau transmit dengan low power yang tidak lebih dari 10Watts pada mode SSB.

Maka diperlukan modifikasi supaya Potensiometer DRIVE berfungsi juga di mode SSB untuk keperluan tsb.

Caranya sangat mudah sekali dan saya kira diantara rekan2 pengunjung blog setia ini sudah banyak yang mengetahuinya.

Tapi tidak apalah yah...saya jelaskan kembali caranya disini, karena sebagian rekan2 juga ada yang masih belum mengetahuinya dan semoga informasi ini bermanfaat.


Lokasi D99 ada dibawah X'tal Filter. Lepas pcb ini untuk  menemukan D99

Lokasi D99 terlihat setelah pcb X'tal Filter dilepas. potong salah satu/sebelah kaki D99 untuk modifikasi DRIVE


Untuk melakukan modifikasi DRIVE ini sbb :
1. Buka cover atas radio Yaesu FT80C.
2. Cari lokasi pcb 2 buah X'Tal Filter.
3. Lepaskan dengan cara mengangkat unit pcb X'Tal Filter ini dari soketnya yang terhubung ke main board dengan terlebih dahulu membuka satu buah baut.
4. Cari letak Dioda D99, tempatnya sekitar bawahnya unit pcb X'Tal Filter yang sudah dilepas tadi.
5. Potong salah satu kaki dari Dioda D99 tadi, cukup potong sebelah saja kakinya.
6. Pasang/kembalikan lagi unit X'tal filter yang tadi dilepas sementara, ke posisi semula dan jangan lupa pasang lagi bautnya.
7. Sekarang untuk mengetesnya hidupkan radio pada mode USB atau LSB, dan coba transmit dengan memasukkan modulasi pada mic sambil memutar Potensiometer DRIVE kekiri dan kekanan.

Lihat indikator penunjukan jarum skala PO pada pada S Meter, harus ada perubahan power output tx pada waktu diputar Potensiometer DRIVE kekiri mengecil dan kalau diputar kekanan membesar sampai full power.
Setelah sukses modifikasinya, tutupkan kembali cover atas radionya.

Atau supaya akurat penunjukannya, seberapa besar/kecil output power tx pada saat Potensiometer DRIVE posisi ditutup full kekiri atau pada saat full dibuka kekanan, dengan cara memasangkan Watt Meter diantara soket konektor antena dengan antenanya.

Nah...sekarang sudah selesai  cara memodifikasi Potensiometer DRIVE supaya berfungsi juga di mode SSB untuk mengatur output powernya.

Selamat mencoba dan semoga sukses.


DISCLAIMER/SANGGAHAN :
Admin Radio Tengkorak, tidak bertanggung jawab atas segala hasil yang ditimbulkan karena adanya modifikasi ini.
Informasi modifikasi ini hanya sebatas pengetahuan saja.

92 komentar:

  1. indra grandong10 Oktober 2012 15.47

    Om Andi, 80c sy drive nya sudah berfungsi utk ssb, mungkin sdh di oprek dgn pemilik lama. hanya drive nya tdk linear, hanya sampai posisi jam 12 sdh mentok 120watt, knapa tdk linear yah? sy pengen mulai jam 7 - jam 5 sore dia berfungsi dari 0-120watt . knapa ya om andi. tks. de grandong@medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Indra Grandong, kalau sdh berfungsi DRIVE nya pada mode SSB berarti sudah di modif/dioprek sama pemilik radio sebelumnya. Kalau setelan default dari pabriknya DRIVE hanya berfungsi pada mode AM saja.
      Untuk posisi skala Drive ada hubungannya dg penyetelan VR utk output power tx.

      Hapus
  2. indra grandong10 Oktober 2012 15.51

    yg ke dua om, knapa mode AM hanya bisa RX, kalo TX dia tetap di ssb, ini sy ketahui dr lawan bicara, dan jarum meter modulasi sy yg naek turun. harusnya kan mode AM jarumnya diem saja. tks om andi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om Indra Grandong, kalau terjadi kasusnya seperti itu, coba setel lagi VR06 (AM Carrier)pada pcb main board

      Hapus
    2. Di tunggu Om Andi photo letak posisinya. Terima kasih.

      Hapus
  3. om Andy,kl bisa diberi foto tentang letak pcb 2 buah X'Tal Filter dan Dioda D99

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om, terimakasih banyak atas usulannya, nanti akan saya postingkan yah...menyusul

      Hapus
  4. om aq mau nanya ni.aq punya 2 radio hf 80 c..yg A gak bisa TX..yg B normal..pertama aq menduga transistor Power Amplifier nya yg rusak.tp ternyata ketika 80c yg B (normal), transistor PAnya aq pindahin satu paket/box RF ke A (rusak),ttp aja yg A gak bisa TX..malah transistor PA satu paket/box punya radio A yg sy duga rusak dipindahin ke yg radio B (baik) bisa TX..kira2 masalahnya yg mana ya mas.mohon bantuannya.thaks

    yayat

    BalasHapus
  5. Hallo Om Yayat'

    Terimakasih dulu ya...atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini, dan mohon maaf jawabananya sedikit lambat karena ada kesibukan lain.

    Baik om Yayat, kalau demikian kasusnya coba sekarang ditukar bagian Local Oscilator Unitnya atau pcb yg berdiri sebelah kanan, dan amati bagaimana sekarang hasilnya ? Kalau masih bermasalah, coba juga dicek transistor pre driver tx nya C2053 dekat cover belakang radio atau juga mungkin ada jalur pcb yg putus dibagian pre driver tx atau ada kaki soket yg longgar.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok..klo saran pertama yg menukar local oscilator unit sdh pernah aq tukar jg om..ternyata hasil masih sama (belum bisa Tx dgn baik). Sekrang sisa mengecek transistor pre driver C2053 n jalur pcb putus serta kaki soket yg longgar.mudah2an uda bisa dpt solusinya..

      makasih atas responnya om ^_^

      Hapus
  6. Ok Om Yayat semoga berhasil

    BalasHapus
  7. mat siang om saya mau nanya nih saya punya ssb yaesu ft-80c cuma bisa tx di 7000 dan 10000 yg lain eror om gmn ya caranya mohon petunjuk atas bantuanya saya kabul dari papua ucapkan banyak terima kasih

    BalasHapus
  8. Hallo Pak Kabul,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

    Untuk Yaesu FT80C pak Kabul itu bandnya masih belum General Coverage atau artinya bandnya belum terbuka secara keseluruhan atau hanya band 7MHz dan 10MHz saja yang sudah terbuka.

    Jadi kalau transmit di band lain selain di 7000 dan 10000 muncul tulisan ERROR pada display LCDnya, tapi kalau cuma rx saja bisa.

    Tapi jangan khawatir pak Kabul, karena FT80C nya pak Kabul bukan rusak cuma masalahnya belum dibuka keseluruhan bandnya biar jadi General Coverage.

    Cara buka bandnya biar jadi General Coverage sangat mudah pak dengan cara sbb :

    1. Hidupkan radio FT180C dan pada posisi rx putar knob dial frekwensi pada 12.345.6 kemudian matikan radio dan kemudian hidupkan lagi.

    2. Perhatikan pada layar LCD radio sekarang akan muncul tulisan GEN (artinya GENERAL) dipinggir atas display LCD, itu artinya sudah berhasil kita melakukan buka kunci supaya bandnya bisa General Coverage.

    3. Coba sekarang transmit pada band-band yang sebelumnya tidak bisa atau ERROR,

    4. Insya Alloh sekarang bisa kan?

    Selamat mencoba dan semoga sukses dan Selamat Tahun Baru 2014

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  9. oke om trims infonya dah di coba 100% oke salam 51-55

    BalasHapus
  10. mat mlm om andi kalo cara menambah power wattnya gmn ya om apanya yang perlu di setting yaesu ft-80c saya masih standar atas bantuanya kabul JZ 29 BS ucapkan banyak trima kasih

    BalasHapus
  11. IJUL Palangkaraya19 Februari 2014 21.31

    mat malam om andi ft80c saya pada band 2.5 bisa tx dan rx selanjutnya 3.sampai 29 tidak bisa tx dan rx mohon solusinya om trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Pak Ijul,

      Terimakasih ya...atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

      Problem FT80C nya pak Ijul sama dengan FT80C nya pak Kabul diatas.

      Berarti masih belum General Coverage bandnya atau belum ada tulisan GEN yang tampil disisi atas tengah layar.

      Untuk merubah ke General Coverage lakukan seperti berikut ini :

      1. Hidupkan radio FT180C dan pada posisi rx putar knob dial frekwensi pada 12.345.6 kemudian matikan radio dan kemudian hidupkan lagi.

      2. Perhatikan pada layar LCD radio sekarang akan muncul tulisan GEN (artinya GENERAL) dipinggir atas display LCD, itu artinya sudah berhasil kita melakukan buka kunci supaya bandnya bisa General Coverage.

      3. Coba sekarang transmit pada band-band yang sebelumnya tidak bisa atau ERROR,

      4. Insya Alloh sekarang bisa kan?

      Selamat mencoba dan semoga sukses dan Selamat

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. IUJL palangkaraya21 Februari 2014 18.39

      benar om GEN sudah tampil tetap nggak bisa rx dan tx saat saya putar rotarinya pada band 2.5xxx bisa monitor dan tx om setelah saya cek tegangan di relay LPF.yang ada cuma di band 1.xxx dan 2.5xxx terus band 3.xxxx sampai 28.xxxx tidak ada tenggangan.

      Hapus
  12. Ijul palangkaraya23 Februari 2014 11.39

    benar om GEN sudah tampil tetap nggak bisa rx dan tx saat saya putar rotarinya pada band 2.5xxx bisa monitor dan tx om setelah saya cek tegangan di relay LPF.yang ada cuma di band 1.xxx dan 2.5xxx terus band 3.xxxx sampai 28.xxxx tidak ada tenggangan.

    BalasHapus
  13. Hallo kembali Pak Ijul,

    Kalau begitu ada masalah lain, mungkin ic switch band rusak ataupun ada komponen pendukung lain yang bermasalah.
    Perlu dicek lebih lanjut lagi, dugaan diatas bisa saja meleset.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  14. pak andi..radio ft-80c saya gak bisa rx kenapa ya pak..tx bisa tapi kecil banget..dari bafer 2053 itu aja gak keluar sinyal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Pak...( Anonim),

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

      Coba cek pra tegangnnya utk tx/ rx, misal untuk tx di kaki kolektor C2053 apakah ada tegangnnya atau hilang, sebelumnya cek juga ic regulator 7808 nya

      Salam terbauk,
      Andi

      Hapus
  15. Mas ,mhn supportnya nich Radio FT80C sy tidak keluar suara di speaker depan ,tapi klau pake hendset lewat jack belakan /Ext Sp dpt terdengar desis bila SQL dibuka,cuma kendalanya suara outpunya kecil,sdh sy ganti IC TDA2003-nya tpi tetap sprti itu.dan Lampu 3Ea pada putus sdh sy ganti tapi belum hidup setelah sy cek di IC reg 7808 rusak...maka sy ganti dan lampu indikator display dan Signal Hidup kembali. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Ridwan,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

      Selamat ya...mas atas keberhasilannya

      Sukses slalu dan salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. Selamat pagi om Andi,

      FT-80C saya powernya knapa tidak rata di semua band ya? Bagaimana caranya supaya powernya bisa rata disemua band?

      Hapus
    3. Hallo Om...(Anonim},

      Terimakasih ya...atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Waktu proses readjusment power txnya lakukan di frekwensi 14MHz om...karena rata2 untuk semua radio hf allband itu seperti yaesu ft80c diantaranya mempunyai frekwensi kerja dari 1 sampai 28MHz.

      Jadi kalau mau melakukan readjusment power txnya lakukan pada frekwensi tengahnya yaitu di 14MHz agar hasil power tx nya hampir rata dari mulai 1 sampai 28MHz.

      Tapi memang kalau bisa merata sekali di semua band sih agak sukar didapat, tapi setidaknya perbedaan power tx outnya tidak terlalu jauh di setiap bandnya.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  16. Mas Andi sy punya Icom 718 ,karna lokasi bentang antena terlalu panjang,.untuk antena vertical yang cocok radio ini apa ya,spec dan merk nya klau ada. tks salam : amatir

    BalasHapus
  17. Untuk bekerja di frekwensi berapa mas bro?

    BalasHapus
  18. Om andi 80c saya selisih kisi di gimana untuk mengepaskanya selisih nya?

    BalasHapus
  19. Hallo mas Davin Emmo,

    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

    Untuk mengepaskannya putar sedikit/readjust sampai tepat frekwensinya kapasitor trimmer yang terletak di bagian belakang radio ft80c sebelah kanan kalau panel depan radio menghadap ke arah kita atau kalau bagian belakang dihadapkan ke arah kita tempat kapasitor trimmer tersebut ada disebelah kiri yang ada tanda tulisannya LSB, USB, CW.

    Putar/trim pelan2 kapasitor trimmer tersebut dengan obeng sampai pas frekwensinya dengan bantuan radio lain, kalau mengandalkan pendengran telinga kita, maka kalu sudah pas akan terdengar suara feedback/storingnya enak menguing-nguing diradio bantuan, kalau ada frekwensi counter sih lebih tepat lagi.

    Kalau pada mode USB yang kurang tepat maka trim nya kapasitor trimmer USB, kalau LSB yang LSB nya ditrim ulang

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  20. Tetap z mas andi malahan di 40 bisa pas tapi di 11 dan 27 selisih 5 kisi om trus suaranya kecil dalam mode usB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Davin,

      Kalau begitu perlu dicek lebih lanjut masalahnya, tidak cukup dijelaskan hanya melalui ulasan saja disini, jadi agak sukar menganalisanya.

      Smoga cepat ketemu masalahnya mas dan tetap sabar dan tetap semangat.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  21. Mas Andi saya punya yaesu ft-80c kalau mau transmit jarum levelnya nggak mau naik tapi kalau monitor jarum levelnya normal,mohon petunjuknya mas Andi,thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Manafuam,

      Terimakasih dulu ya...atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

      Tapi pada waktu transmit powernya keluar ya...mas cuma jarum level indikator power output tx saja yang nggak keluar kan..?

      Kalau demikian coba buka cover radio bagian atas kemudian setel VR12.

      VR12 ini khusus untuk setelan meter power output tx, tempatnya ada disebelah kanan pcb dua buah filter/xtal filter yang berjejer ada 5 VR disitu atau VR12 ini VR yang urutan ke no 4 kalau dihitung dari mulai cover depan radio, sekitar pcb xtal filter sisi kanan.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  22. thanks mas andi atas infonya ft-80c punya saya udah berfungsi jarum levelnya disaat transmit.salam terbaik untuk mas andi dan sekeluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 terimakasih mas Manafuam atas berkunjungnya lagi dan komentar2nya.

      Saya senang mendengar keberhasilan dari mas Manafuam.

      sukses slalu ya...mas dan salam terbaik juga untuk keluarga.

      Andi

      Hapus
  23. Om andi mohon pecerahan radio teman 80c gara2 antena di paksa tx akhirnya power txnya tidak naik wat nya setelah saya cek R 18 dan sebelahnya gosong om setelah di ganti tetap tidak naik wat nya catatan TR 2166 TR 1333 bagus mohon solusinya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Aan,

      Saya ucapkan terimakasih dulu ya...atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

      Nah...kalau sudah di cek seperti itu, coba sekarang cek atau ukur/test transistor final kedua-duanya dan kalau perlu ngukurnya sambil kaki basis dan kolektornya di angkat atau dibebaskan dari solderan ke pcbnya, untuk kaki emitornya dibiarkan masih tersambung ke pcb.

      Silahkan ukur/test kedua transistor final tsb, apakah dalam kondisi masih baik atau salah satu kondisinya masih baik dan yang lainnya jebol atau mungkin juga ada kebocoran antara kaki basis dengan kaki emitor dan kolektornya.

      Perlu dicek juga relay untuk transmitnya atau sebuah relay yang akan bekerja pada waktu tx atau pada waktu saklar PTT mic ditekan. Relay ini fungsinya untuk memindahkan posisi antena dari posisi rx ke tx dan sebaliknya kalau saklat PTT di mic dilepas.
      Mungkin saja relay ini rusak atau pin kontaknya ngepong/hangus atau koilnya tidak mendapatkan tegangan waktu saklar PTT di mc ditekan.

      Sementara segitu dulu mas...yang perlu dicek dulu dan sebenarnya masih banyak lagi kemungkinan2 lainnya yang mungki terlalu panjang kalu disebutkan semuanya.

      NB : Oh..ya mas...dicek juga tegangan untuk bias kaki basis transistor finalnya

      Semoga berhasil ya...mas dan tetap semangat.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  24. Pagi om..mau tanya ni.
    Apa ada cara utk meningkatkan daya pancar radio yaesu ft 80c ini??
    Krn saat sy ukur pke swr / power meter..kok dayanya kecil.mski kdg bs tmbus dr makassar ke bali..mohon bantuannya om.

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo om...(Anonim),

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

      Kalau problemnya seperti itu salah satunya yang harus dilakukan adalah cek/test transistor final dan transistor drivernya,apakah masih dalam kondisi baik/normal ?

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  25. Sore om.apa kabar..moga sehat
    Aku yayat yg prnah nanya sebelumnya..yg punya ft 80c g bsa tx
    Jd saran om utk ganti c2053 sdh aku lakukan.tp ms gk bs tx om.kira kira dimana yah hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo pak Yayat,

      Terimakasih atas kunjungannya lagi juga komentarnya di blog RT ini.

      Sebenarnya urutan langkah2 untuk memperbaikinya banyak atau banyak juga kemungkinan2 nya.

      Yang pak Yayat sudah lakukan tersebut itu hanya salah satu langkah saja dan berarti bukan disitu problemnya, tetapi apabila sudah dilakukan tidak menjadi penasaran dan bisa berlanjut pada urutan langkah lainnya.

      Apa sudah dipastikan ada tegangan di kaki kolektor C2053 waktu tx ?

      Coba tx dan dengarkan di radio lain/radio bantuan disebelah meja kerja.
      Apakah terdengar modulasi kita, kalau masih terdengar kemungkinan problemnya pada blok power rf linearnya.

      Problem pada blok power rf linear juga banayak kemungkinannya. Bisa relay yang untuk memindahkan antena rx/tx sering terjadi ngepong/hangus kontaknya, bisa juga transistor driver atau finalnya jebol atau bisa juga tegangan bias untuk transistor driver dan final hilang dll.

      Jadi memang agak susah kalau saya jelaskan secara pasti problemnya, karena memang banyak kemungkinannya.

      Jadi pak Yayat harus mengeceknya dengan sabar dan semoga berhasil.

      Salam terbaik,
      Andi

      Apa sudah diukur t

      Hapus
    2. oh seperti itu yah om..soalnya aku belum terlalu mahir hehe...dan hanya berpatokan pada ke dua transistor tsb.
      ok baik.nanti aku mau cek lagi secarah perlahan..krn pernah dengar saran dari teman jg,bahwa salah satu faktor jg ada pada relay2 nya...

      oh iya..saya lihat ada unit DDS yg om jual.apa ada dan bisa digunakan pada kenwood TS 140s.soalnya radio kenwood itu mengalami kebutaan akibat lcd nya pecah om.

      Salam

      YAYAT

      Hapus
  26. Selamat siang pak Yayat,

    Untuk pemasangan DDS pada Kenwood TS140S, mohon maaf saya belum mencobanya.

    Salam terbaik,
    Andi

    BalasHapus
  27. amit sewu mhn pencerahan apa mod FM di 80 c bisa di actifkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Sadewa,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Untuk mode FM pada radio Yaesu FT80C, itu optional mas.
      Jadi tidak bisa diktifkan kalau FM unitnya tidak dipasangkan.

      Kayaknya juga sulit mas untuk mendapatkan FM unitnya pada saat sekarang ini mengingat radionya sudah cukup tua, karena saya kira pabriknya tidak mengeluarkan lagi.

      Jadi kesimpulannya mode FM nya tidak bisa diaktifkan.

      Untuk lebih jelasnya silahkan di download saja mas untuk Service Manual FT80C dan Operating Manualnya di halaman blog RT ini bagian sebelah kiri pada tab Download Manual Radio untuk mendapatkan Manualnya dan pada tab Download Service Manual Radio untuk mendapatkan Service Manualnya

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  28. om andi sy minta tolong yaesu 80 c saya s meternya gak bisa jalan sampe 60 db, paling besar hanya s 9, mohon petunjuk cara setingnya, makasih sebelumnya.
    salam 51 55, dari udin tegal jz11snk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Udin,

      Diset ulang VR02 yang letaknya di pinggiran bagian belakang pcb xtal filter.
      Insyaallah lain waktu saya perjelas dg gambarnya diposting di artikel blog.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  29. Om Andi,sy mohon pencerahan sy br bli Hf ic 718,sm pemobikx didesain antena vertikal dgn balon, p7k dr pemilik utk kabel Rg yg deket antena dibuat lilitan at looping dgn diameter 24 cm ,dr tmn2 klu pake vertikal hrs pake swt tuner,utk antena tertulis allband 1-30 Mz. Ap yg mesti sy perbuat ya smntr tuner blm terjangkau di kantong,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Yudiey,

      Untuk ant mobil allband/broadband 1 - 30 mhz, memang sebaiknya pakai antenna tuner.

      Tapi untuk bekerja mono band tanpa antenna tuner, lebih baik ganti saja antenanya dg yang mono band saja.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  30. Mksh om buat pencerahanya,utk smntr sy menggunakan Matcher MN -100,skli lg krn sy msh awam,sy mohon bantuannya lg dr bbrp rekan yg sy tny ttg cara bentang dn posisi bentangan ad jwban yg berbeda, misalnya ad yg bilang dibuat V ter balik dn ad yg mengtkn bentang lurus utara selatan, mohon pencerahan lg Om sekalian ukuran tiap sisi bentang kawat,

    BalasHapus
  31. om Andi, apakah signal output dari c2053 pada FT80C bisa diukur dengan AC Volt meter biasa ?(AVO meter skala AC) , berapakah tegangan seharusnya pada posisi CW drive Maximum ?(kabel ke PA dicabut), FT80C saya cuma keluar 50 Watt saja max. Ingin data perbandingan dengan FT80C normal untuk menentukan apakah kesalahan ada di Main Board atau di block PA, Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mas....(Anonim),
      Mohon pakai nama jelas utk lain kali ya...mas, biar enak memanggilnya dan semakin akrab dari pada pakai nama Aninim/Anonymous, berlaku untuk rekan2 lainnya juga yang ingin dijawab pertanyaan2nya dalam komentar.

      Untuk signal output keluaran dari transistor C2053, bisa ditest dengan avo meter skala ac/kalau diukur secara detail akan menunjukkan 200mV.

      Untuk trimming power tx supaya maksimum lagi coba lihat artikel di blog RT tentang TRIMMING YAESU FT- 80C AGAR POWER OUT TX MAKSIMAL

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  32. om andi mohon pecerahan Ft80c saya hampir semua band watnya terlalu kecil om pada band 21 mhz, mau naik sekitar 40 wat saja ada keanehan pada rankaian sebelum c2053 sesudah sk125 pada salah satu kaki dioda kepegang tangan wat meter menunjukan maksimal om kira2 apapenyebab nya.sebelum dan sesudah nya trima kasih. salam terbaik buat om andi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Abah Fajar,
      Coba kalau di trimming lagi untuk bagian if tx nya gimana? apakah bisa normal lagi? lihat artikel di blog RT yg judulnya TRIMMING YAESU FT- 80C AGAR POWER OUT TX MAKSIMAL

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  33. om Andi, mohon pencerahan, Audio FT80C saya menurut rekan2 yg monitor, katanya putus2 atau gak jelas. Memang waktu saya tx sambil ngomong kedengaran dr dlm blok tx spt suara kretak2 gitu om, kayak suara relay yg putus2. Masalah ini terjadi krn watt-nya 120watt (CW) turun sampai 50watt (CW), klo watt-nya msh 120watt gak masalah. Pernah dia muncul 120watt tapi akhirnya balik juga ke 50watt. Sbg informasi, muncul 120wat ketika saya ketok2 dgn tangan badi samping kanan (radio mnghadap ke saya). Sebelumnya saya ucapkan makasih bwt om Andi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Ma...(Anonim), nggak ada nama ya...mas?

      dugaan kuat problemnya terletak pada relay nya ada yang bermasalah mas.
      Tapi sukar utk menebak langsung secara pasti relay yg mana yg bermasalah.
      Bisa jadi salah satu relay untuk low pass filternya (LPF), atau bisa juga relay utk change over/pergantian untuk antenna ke rx/tx, harus dicek secara langsung mas...kalu ditebak saja sukar tanpa melalui pengecekan

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. Makasih om Andi atas infonya, akan coba saya cek spt yg om Andi infokan...oh ya, mhn maaf, saya Ronny dr Manado. Salam hangat dr Manado bwt om Andi sekeluarga.

      Hapus
    3. Mas Ronny, terimakasih kembali mas dan salam terbaik juga untuk keluarga di Manado

      Sukses slalu ya,
      Andi

      Hapus
  34. radio Mono Ancol11 Juni 2015 13.56

    sukses om andi. aku mo nanya kalo FT 80C jarum saat rx rx tidak bergerak cara ngeceknya bagian mana. sudah aku putar bagian tx rx tetap dikiri angteng,, tq

    BalasHapus
  35. radio Mono Ancol11 Juni 2015 14.01

    radio FT 80C satu lagi jarumnya mentok kekanan tx rx ga bisa,karena waktu puter LSB kena komponen di bawahnya short,maklum pake obeng besi,,newbe... mohon pencerahannya om tq,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Mono,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Untuk pertanyaan pertama, apa sudah ditest vu meternya dengan avo/ohm meter skala x1 dan jarum vu meter bisa bergerak?

      Untuk pertanyaan kedua, harus diperbaiki dulu masalahnya sampai bisa rx/tx normal dulu, saya kira vu meternya akan ikut normal lagi.

      Tapi mohon maaf ya...om mono, jawabannya mungkin kurang memuaskan karena memang sukar menebak dimana letak kerusakannya secara pasti, karena banyak faktor dan harus melalui pengecekan/tracing dulu untuk menemukan masalahnya.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  36. Saya mirip om Mono di atas, tetapi RX masih bisa. TXnya aja ygbikin jarum ngacleng ke kanan. Kira2 kenapa ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Kang Wing,

      Cara menyetel jarum power tx, silahkan lihat artikel di blog RT ini juga dengan judul "Trimming Yaesu FT 80C Agar Power Out TX Maksimal " dan diantara ulasannya ada cara menyetel jarum PO TX.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. Halo om andi mohon bantuan dan pencerahan om, ft 80c saya ic yg terletak pada rangkaian pcb paling sudut belakang hangus dan tdk ter lihat lagi nomornya om (Q45) mohon bantuan untuk nomor icnya dan kegunaannya om tks dan salam

      Hapus
    3. Hallo mas Supraptono Prapto,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Q45 itu ic tipe IR3M03A

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Mas andi 80c saya rx normal Tx bermasalah ndk mau keluar watt tapi jarum bergerak sedikittt saja saya pake lokal jarak 400mtr masih bisa di dengar mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Davin Emmo,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Coba cek/ukur transistor finalnya, apakah dalam kondisi masih bagus.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  39. halo om Andi, om 80c kalau PTT dipencet, langsung keluar power sekitar 40watt (mode ssb) sepertinya self osilasi, meskipun mic gain ditutup habis. Ini terjadi di frek 21mhz ke atas, sementara di bawah 21mhz, normal. pada saat belum dimodulir power keluar sekitar 40watt, penunjukan SWR naik menjadi 1:2, sedangkan pada saat dimodulir, power menunjukan 80watt, SWR kembai 1 : 1, Mohon pencerahannya . terima kasih sebelumnya, salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Gendhon,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Coba trim ulang semua coil dibagian IF TX.
      Petunjuk cara pengetrimannya ada pada artikel di blog RT ini dengan judul TRIMMING YAESU FT- 80C AGAR POWER OUT TX MAKSIMAL.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  40. MOHON SOLUSI om andi,
    radio sya ft 80c riciv normal,kendalanya pd saat transmit power baru bisa keluar jika pada BPFdisentuh tangan..,kasus begini kmponen apa yg lemah,mksh banyak sebelumnya

    BalasHapus
  41. Selamat pagi Om. mohon petunjuk bagaimana cara mengecilkan suara tone (CW), FT-80c saya suara tone terlalu gede dan tidak bisa dikecilkan dari tombol AF. Suaranya sudah permanent. walau volume ditutup suaranya tetap seperti itu. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Patri Adri,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Cara mengecilkan tone cw nya, setel trimpot S Tone yang tempatnya/ada lobang setelan dibagian bawah cover radio ft80c.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. Terima kasih Om Andy... masalah sudah terselesaikan... sekali lagi Terima kasih.. sehat dan sukses selalu.

      Hapus
    3. Sama2 terimakasih om Patri Adri.
      Sehat dan sukses slalu juga ya...

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  42. om andi ...saya punya kenwood trc 80 mau saya kembalikan program ke pabrikan /standard gi mana caranya om mohon pencerahannya...thanks

    BalasHapus
  43. Selamat pagi om andi,saya ucok dari bengkulu.saya punya problem dgn 80c saya.
    1. Tombol power on off nya tidak berfungsi...alias tidak bisa dimatikan...80c nya on terus
    2. 80c nya udah ada tulisan gen nya .tapi hanya bisa bekerja di 3.5....7mc di frek lain error
    3._displaynya redup
    Mohon solusinya.....salam terbaik.73.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Bang Ucok,

      Terimaksih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Untuk masalah tombol power on/off
      Coba cek relay RL01 yang tempatnya ada dalam blok linearnya atau ikuti saja kabel warna putih hitam yg jeknya masuk ke soket saklar power on/off power sebelah kiri cover depan.

      Masalah tsb diatas diakibatkan relay RL01 tadi dalam kondisi tidak bagus koneksi pin kontk didalammya, coba buka tutup plastik relaynya dg cara mencongkel dg hati2 pakai obeng minus kecil tipis, terus bersihkan pin2 kontaknya dg contact cleaner sambil dicoba tombol power on/off dihidup matikan dan amati apakah pin kontaknya sudah konek dg baik atau mungkin perlu di dorong dikit biar koneknya baik kalau agak renggang atau terlalu rapat/nempel terus saat saklar power di on kan/tidak mau balik lagi.

      Untuk jawaban masalah kedua, coba geser ke posisi berlawanan saklar geser kecil yg tempatnya di bawah cover depan sebelah kanan bawah lurus dg knob AF/SQL ada lobang kecil segi empat dan menggesernya bisa pakai obeng minus kecil/tespen. Dan coba ulangi lagi reset dengan password 12.3456 seperti yang sudah dilakukan sebelumnya sbb :

      Hidupkan radio dial pada 12.3456 terus matikan sejenak/2 detik saja dan terus hidupkan lagi, lihat display harus tampil tulisan GEN disebelah atas layar. Dan coba transmit lagi di band yg error tadi, apakah sekarang sudah bisa.

      Untuk jawaban yang ketiga cukup mudah kalau masalah displaynya redup ganti saja lampu penerangan displaynya banyak dijual di toko2 elektronik, aslinya berupa lampu pijar kecil/bentuknya seperti yg sdh terpasang ada 2 buah lampu di kiri dan kanan lcd display/tempatnya ada lobang belakang lcd display.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  44. 51-55-10.2 boss hormat buat keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Om Pangky,

      Smoga kabar baik beserta keluarga di Merauke ya..om

      Salam 51-55 kembali
      Terimakasih atas kunjungannya di blog RT om.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  45. Om Andi.. Yaesu ft-80c saya bisa transmit tapi daya kecil. kalau konektor ke PA dicabut langsung gak terdengar di receiver (kebetulan pakai ssb untuk monitor). Saya ukur transistor 2053 masih bagus. Kira2 masalahnya dimana om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Arlin Nur,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT.

      Sebenarnya saya mau menulis artikel tentang masalah ini mas karena memang banyak kasus yang terjadi seperti ini pada Yaesu FT80C, seperti yang diutarakan mas Arlin diatas.

      Baik untuk sementara saya jawab dulu ya mas...sambil artikelnya saya tulis disela2 waktu senggang saya.

      Kalau transistor pre driver tipe C2053 dalam kondisi baik juga ukur pra tegangannya misal pada kaki Kolektor nya tegangan ada masuk.

      Kemudian cek Dioda Ballance Mixer bagian tx yaitu D55 atau kalau punya penggantinya, ganti saja atau ambil/kanibal dari rongsokan FT80C lainnya yang masih bagus D55 nya, kalau beli baru cari ditoko kayaknya sulit atau tidak ada.
      Tapi jangan khawatir D55 ini bisa kita buat sendiri seperti dioda ballance mixer untuk radio bitx yaitu terdiri dari 4 buah dioda tipe IN4148.

      Kalau dioda aslinya pada FT80C bentuknya persis sama seperti transistor tipe 3SK741 yang ada disekitarnya yaitu berbentuk bundar warna hitam berkaki 4, posisi letaknya ada diantara T20 dan T21 silahkan temukan.

      Tipe dioda D55 ini adalah ND487C2-3R atau persamaan dari tipe dioda ini bisa kita buat dari 4 buah dioda 1N4148 yang dirangkai dioda ballance mixer seperti pada radio bitx.

      Sementara penjelasan dari saya segitu dulu ya..mas dan semoga berhasil dan untuk lebih lengkap/detalnya nanti lah..saya tulis artikelnya beserta skema dan gambar2nya.

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
    2. Terimakasih om Andi, akan saya coba.

      Hapus
  46. Salam Pak Andi,
    Langsung saja,saya punya Memiliki YAESU FT-80C
    1.pada posisi RX, saat mendenger lawan bicara yang signal kecil...jarum skala indikator selalu menunjukan 40dB, saya kompere dengan icom 718 menunjukan 10db, apa yang saya harus lakukan untuk kondisi yaesu 80c saya?....
    2. Pak Andi BAGAIAMANA CARA untuk mengatur MICGAIN yaesu FT 80C???...

    Terimakasih,
    Ariyanto,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Pak Ariyanto,

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog RT ini.

      Untuk masalah skala indikator rx harus distel ulang dengan cara menyetel/adjust VR02 dan VR03 yang posisi letaknya kedua VR tersebut berada pada pinggiran bagian belakang pcb dua buah xtal filter.

      Fungsi VR03 untuk mengatur besar kecilnya simpangan skala indikator rx sedangkan VR02 untuk menempatkan posisi jarum skala indikator tepat posisi angka 0 apabila tidak ada signal rx yang diterima tapi jangan terlalu nyender waktu menyetelnya kira2 jarumnya akan bergerak dengan ringannya apabila ada signal rx.

      Waktu penyetelan skala indikator mungkin radio Icom IC718 bisa dijadikan patokan apabila tidak ada signal generator khusus untuk kalibrasi signal rx.

      Untuk masalah bagaimana cara untuk mengatur Mic Gain, tinggal putar saja potensiometer mic gain kekiri untuk mengecilkan mic gain dan kekanan untuk membesarkannya.
      Saya kira selama pakai mic standardnya Yaesu FT80C kalau output power tx nya ingin keluar yang paling maksimal ya..di besarkan/full saja mic gainnya selama direpot rekan lawan bicara tidak ada cacat gak masalah, dan apabila power output tx nya tidak ingin terlalu full ya..dikecilkan saja secukupnya atau ikuti saja report dari rekan lawan bicara hasilnya bagaimana yang penting modulasinya jelas terdengar tidak tertinggal

      Selamat mencoba dan semoga berhasil

      Salam terbaik,
      Andi

      Hapus
  47. Salam Pak Andi...

    Aku penya YAESU FT80C, hanya bisa main di Frekwensi 7.000.0 - 7.500.0.
    Lain dari pada itu tdk bisa untuk TX selalu saja ERROR. Aku sdh mencoba dengan cara yg ada di atas, yakni :

    1. Hidupkan radio FT180C dan pada posisi rx putar knob dial frekwensi pada 12.345.6 kemudian matikan radio dan kemudian hidupkan lagi.

    2. Perhatikan pada layar LCD radio sekarang akan muncul tulisan GEN (artinya GENERAL) dipinggir atas display LCD, itu artinya sudah berhasil kita melakukan buka kunci supaya bandnya bisa General Coverage.

    Tetapi tetap saja tdh ada perubahan. Apa yg harus aku lakukan biar bisa "GEN" lagi.
    Mohon Pencerahannya....
    Trima Kasih.

    Hendro (SUL-TENG)/JZ 23 PMU
    Salam.........

    BalasHapus
  48. saya cak Taufik Dari Surabaya, salam kenal bung Andi, saya punya yaesu FT80C tidak bisa transmit, soket input PA saya cabut kemudian saya input pakai Function Generator keluar daya 100W, dioda D55 sudah saya ganti dengan 4 buah 1N4148 seperti saran bang andi juga tidak membawa hasil, tegangan pada bagian TX normal semua transistor 2SC2053 normal cuma untuk FET SK125 dan 2SK24 belum saya tes karena tidak tahu caranya, bagaimana solusinya bang andi, trims....

    BalasHapus
  49. Siang mas andi. Ft80c sy klo mau di nyalain harus tekan tombol NAR dlu(tombol sbelah kanan dekat layar) agak lama bru bsa normal nyalanya. Berselang 1 menit angka2 dibayar hilang tp radio nyala, hrs tekan nak lg bru muncul angka dilayar. Mohon pencerahan nya mas. Trima kasih sbelumx, Bro disulbar

    BalasHapus
  50. Siang mas andi. Ft80c sy klo mau di nyalain harus tekan tombol NAR dlu(tombol sbelah kanan dekat layar) agak lama bru bsa normal nyalanya. Berselang 1 menit angka2 dibayar hilang tp radio nyala, hrs tekan nak lg bru muncul angka dilayar. Mohon pencerahan nya mas. Trima kasih sbelumx, Bro disulbar

    BalasHapus
  51. Ass wr wb... Om maaf kalau saya punya kenapa tidak dapat masuk ke Frek 27 -Mhz ya om

    BalasHapus

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini