SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner

Silahkan kunjungi juga blog kami yang lainnya, klik pada banner
RT-STORE Menjual Perlengkapan Radio Amatir Baru/Bekas - HF Allband Transceiver - CB Radio - Hombrew etc. Silahkan kunjungi blognya di http://rt-store.blogspot.com atau klik saja pada banner diatas

Senin, 08 April 2013

POLA FRACTAL

Djoko Haryono


Sumber artikel ini saya ambil dari postingannya Om Djoko Haryono di Facebook Group HOME BREW PROJECT ( CB RADIO, ANTENNA, SWR, AUDIO, MICROPHONE, BOOSTER, etc )

Kata atau istilah Fractal berkaitan dengan “Sifat fractional atau sebuah susunan pola bentuk kombinasi yang terdiri dari ( banyak ) bagian2 kecil atau lebih kecil”. Kombinasi itu umumnya berupa ( menghasilkan ) sebuah pola yang unik , indah , seringkali secara keseluruhan “berubah” menjadi sangat rumit meskipun kalau hanya diamati 1 fraksi / bagiannya saja amatlah sederhana”.

Jendela atau hiasan KACA TIMAH ( potongan kaca kecil2 berwarna warni yang dirangkai menggunakan timah sehingga membentuk lukisan indah penuh warna warni ) yang sering kita lihat pada bangunan2 kuno peninggalan Belanda , atau gereja2 tua , gedung2 lama , adalah termasuk dari pattern/pola Fractal tsb. Jadi Fractal bisa berarti :

1. Terdiri dari banyak bagian2 , atau
2. Potongan2 kecil ,
3. Bentuk susunan yang rumit , bisa beraturan , tapi bisa pula … tidak beraturan yang “beraturan” ( acak tetapi indah ) ……
4. Sebuah pola yang terus berulang – ulang.

Diatas ini adalah foto sebuah contoh dari apa yg disebut sebagai pola Fractal tsb. Foto tsb. ( dijepret sekitar 6 tahun lalu ) memperlihatkan saya sedang berdiri 6 meter diatas “lukisan Fractal”.

Saya berdiri ditepi salah satu kolam membrane ( diaphragm ) yang tidak ada airnya sebab sedang dikuras untuk dilakukan maintenance. Kolam ini berbentuk bak yang kedalamannya sekitar 6 meter dan panjang sekitar 100 meter. Ada beberapa kolam/bak semacam yang posisinya berjajar jajar. Yang terlihat ini adalah salah satu yang sedang di “maintenance”.

Didasar setiap bak itu ada ribuan lingkaran2 hitam yang tersusun rapi membentuk “kolom” dan “baris” yg panjang. Lingkaran2 itu kalau kita dekati / lihat adalah berbentuk piringan2 membran tipis bergetar. Pada permukaannya terdapat “jutaan” pori2 atau lubang2 micro untuk mengeluarkan udara dari compressor ( di compressor house yg agar jauh dari kolam ) yg. dihembuskan kedalam setiap “kuncup” membrane tsb.

Pada kolam yg sudah diisi penuh dengan air , udara ( oxygen ) yg disuntikkan kedalam air menggunakan pori2 mikro semacam ini , akan keluar dari membrane berupa gelembung2 yg luar biasa kecil ukurannya sehingga yg terlihat hanyalah dalam air seperti dipenuhi busa yg kalau dipegang sangat lembut. Ini adalah cara melarutkan ( menambahkan ) oxygen kedalam “air minum” ( = air bersih ) yang diproduksi di instalasi pada industri dimana saya pernah bekerja.

Disana , baik pada instalasi Water Treatment maupun instalasi waste Water treatment oxygen dilarutkan ke air dengan beberapa cara. Yang terlihat instalasinya memiliki pola Fractal ini adalah sebagian dari instalasi water Treatment , sedang pada Waste Water Treatment ( yg. mengolah air limbah yg kebih kental / kotor agar kembali jadi aman /bersih ) oxygen dilarutkan menggunakan propeller/kincir2 raksasa yg disebut Aerator.

Dimata saya , susunan beribu-ribu diafragma semacam ini adalah sebuah LUKISAN FRACTAL YANG INDAH ( bagaikan antenna fractal segi 3 atau segi 4 yang dipenuhi “semburan” lubang2 fractal ( self frequencies resonance ) yang juga indah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

91DA002 Andi Web Blog

Propagasi hari ini