SELAMAT DATANG DI BLOG RADIO TENGKORAK DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN MOHON MAAF APABILA KOMENTAR2 ANDA PADA BLOG INI BELUM DIBALAS KARENA KESIBUKAN RUTINITAS, TAPI AKAN SAYA BALAS SATU PERSATU, MOHON SABAR YA...SALAM TERBAIK

Senin, 08 April 2013

SISKOMRAD UNTUK MENINGKATKAN SAFETY PADA KEGIATAN CAVING / SPELEOLOGI.



Sumber artikel ini saya ambil dari postingannya Om Djoko Haryono di Facebook Group HOME BREW PROJECT ( CB RADIO, ANTENNA, SWR, AUDIO, MICROPHONE, BOOSTER, etc )


Silahkan abaikan postingan saya kemarin yang isinya seputar vhf radio untuk membangun komunikasi antar “tim permukaan” dengan “tim caver” yang sedang berada dibawah tanah , karena kali ini saya ingin menggantikannya dengan informasi lanjutan ( pengganti ) yang lebih baik.

Meski saya sendiri bukan anggota organisasi speleologi ( bahkan bukan seorang caver )saya tetap ingin men-sharing-kan info ini karena saya pencinta ( masalah2 ) SAFETY, bukan hanya bagi safety dilingkungan pabrik atau industry yang sering saya hadapi , namun juga safety disegala bidang selalu menarik perhatian saya ( safety di jalan raya , safety pada kegiatan outdoor dsb ).

Meski info yang saya berikan ini hanya “seujung kuku” ( sedikit ) , namun saya harap bisa menjadi titik start bagi para speleolog ( speologist ) Indonesia ( yang saat ini masih berduka karena tewasnya beberapa anggota mereka dalam musibah datangnya “banjir” dalam goa bawah tanah yang mereka telusuri ) untuk melangkah menuju “memiliki peralatan komunikasi radio yang mampu menembus lingkungan expedisi mereka yang penuh penghalang / barrier” tsb.

Dan semoga itu bisa semakin meningkatkan standard SAFETY mereka dimasa depan.

Saya tidak akan menguraikan panjang lebar tentang detil dari informasi yang ingin saya sumbangkan , karena saya lebih mengharap rekan2 caver Indonesia ( dan rekan2 HIKESPI tercinta ) bisa membacanya sendiri secara lengkap.

Bantuan saya hanya sekedar menunjukkkan link internet ( situs / website ) nya saja. Dengan mempersilahkan untuk mempelajarinya sendiri itu akan meminimalisir kemungkinan saya menjelaskan secara kurang lengkap ( atau salah menterjemahkan atau slah meng-interpretasikan apa yang dimaksudkan oleh penulis asli referensi2 / artikel tersebut.

Saya hanya ingin memberikan ringkasan dari fungsi dan “strata” dari link2 tsb. sbb. :

1. Jika para caver ( atau HIKESPI ) –misalnya- memiliki salah seorang anggotanya yang punya hobby berkutat dengan rangkaian2 electronic , maka mereka bisa memulai membuat Sistem Komunikasi Radio ( Siskomrad ) untuk “menembus kedalaman tanah” itu dengan membuat sendiri radio komunikasi 2 arah buatan sendiri ( home brew ) seperti yang dibuat oleh seorang amatir radio yang kebetulan juga seorang caver.

Silahkan membaca link berikut ini :

http://ke7hr.com/caveradio/HFunderground.pdf dan atau

http://ke7hr.com/caveradio/
( Keterangan : KE7HR adalah callsign dari ham ( amatir radio ) / caver yang merancang rangkaian tsb. ).

Link-link lain yang bisa di klik antara lain:

http://caves.org.uk/radio/comms_in_caves.html

http://www.scavalon.be/avalonuk/technical/radio1.htm

http://naylorgr.perso.cegetel.net/cave_radio/

http://www.scavalon.be/index.htm

Dari link-link diatas teman2 akan bisa mempelajari tentang beberapa jenis CAVING RADIO ( CAVE RADIO ) baik itu yang disebut NICOLA SYSTEM , John Hey Phone , 87 kHz SSB ( 10 watt ) dsb.

Kalau yang ingin dipelajari adalah OGOPHONE atau MOLEPHONE ( jenis cave radio conventional / lama ) tentu perlu searching sendiri lebih jauh.

Untuk sementara baru ini yang bisa saya sumbangkan bagi teman2 caver Indonesia.
( perlu diketahui bahwa dipasaran ada radio komunikasi yang khusus untuk mendukung kegiatan caving / speleologi. Beberapa merk Cave radio atau “Nikola System” bisa dipesan / dibeli dari pasar internasional ).

SAFETY FIRST. HOPE 4 THE BEST , BE PREPARED 4 THE WORST.

Surabaya 22.03.2013
Djoko Haryono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Propagasi hari ini